Breaking Post
Home » Health » Baby » Resep menu makanan sehat sumber vitamin untuk bayi usia 9 bulan keatas

Resep menu makanan sehat sumber vitamin untuk bayi usia 9 bulan keatas

Resep makanan sehat untuk bayi usia 9-12 bulan juga bisa di berikan pada bayi usia sekitar 10 bulan karena pada masa ini sang bayi mulai diperkenalkan dengan makanan keluarga secara bertahap.

Bentuk dan kepadatan tekstur nasi tim bayi harus diatur secara berangsur mendekati makanan keluarga. Berikut adalah menu yang bisa anda coba sebagai tahap pengenalan kepada buah hati anda.

Bubur nasi tempe sumber protein nabati bayi 9 bulan

Bahan:
400 ml air, untuk merebus daging
50 g daging giling
1 siung bawang putih, cincang
40 g beras, kukus setengah matang ( beras aron)
50 g tempe, kukus, lalu potong kecil-kecil
20 g wortel, iris kecil
5 lembar daun seledri, iris halus
1 sdt keju parut

makanan-bayi-10-bulanCara membuat:
Rebus daging giling dan bawang putih sampai daging matang. Masukkan beras aron, tempe kukus, dan wortel. Aduk dan masak hingga jadi bubur. Tambahkan daun seledri dan keju parut, aduk dan masak hingga matang. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Info Gizi:
Tempe merupakan makanan olahan dari kacang kedelai istimewa, karena mengandung 8 macam asam aminoesensial yang diperlukan oleh tubuh pertumbuhan dan kecerdasan bayi. Setiap 100 g tempe mengandung energi 149 kal, protein 18,3 g, lemak 4 g, karbohidrat 12,7 g, kalsium 129 mg, fosfor 154 mg, dan besi 10 mg.

Nilai gizi per porsi:
Energi : 137,6 gram
Protein :12,5 gram
Lemak : 5,1 gram
Karbohidrat : 10,8 gram

Baca juga:

Bubur nasi pisang makanan bervitamin untuk bayi 9 bulan

Bahan:
200 ml air, untuk merebus daging
1 sdm daging giling
50 g nasi putih
½ buah pisang ambon tua/matang, potong dadu kecil
20 g wortel, potong dadu kecil
5 g daun bayam
1 sdt keju parut

Cara membuat:
Didihkan air, rebus daging giling sampai matang. Masukkan nasi, pisang ambon, wortel, dan bayam. Aduk dan masak hingga menjadi bubur matang. Angkat.Sajikan dengan taburan keju parut.

Info Gizi:
Pisang memberi energi bagi tubuh dan merupakan sumber kalium yang berperan penting dalam perkembangan fungsi sel saraf, memperlancar pengiriman oksigen ke otak, dan membantu keseimbangan cairan di dalam tubuh. Setiap 100 g pisang mengandung energi 99 kal, protein 1,2 g, lemak 0,2 g, karbohidrat 25,8 g, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, dan besi 0,5 mg.

Nilai gizi per porsi:
Energi : 62,6 gram
Protein :1,2 gram
Lemak : 0,2 gram
Karbohidrat : 13,3 gram

Dari dua contoh resep makanan bayi 9 bulan di atas bisa anda berikan kepada sang buah hati dengan fariasi sebagai menu sarapan ataupun menu makan siang. Selamat mencoba. Simak juga tentang mengatasi masalah bayi yang tersedak makanan.<Rika>.

Post by Rika Aristiani

Rika Aristiani