Breaking Post
Home » Technology » Cara memperbaiki baterai hp (ponsel) yang menggelembung

Cara memperbaiki baterai hp (ponsel) yang menggelembung

Memperbaiki baterai hp ponsel kembung bengkak menggelembungCara memperbaiki atau mengempiskan baterai ponsel (hp) yang kembung, menggelembung, gendut, apapun kondisinya yang sudah tampak mengembang, dan biasanya akan cukup mengganggu penutup casing belakang bisa dicoba metode sederhana berikut ini.

Perubahan fisik baterai hp seperti ini menandakan bahwa kondisinya telah bocor dan terasa sangat boros daya listrik sehingga memerlukan pengecasan berulang ulang.

Memperbaiki baterai ponsel kembung dengan cara mudah dan sederhana

Solusi paling mudah dan cepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membeli baterai baru. Namun, jika Anda terpatok dengan masalah dana untuk membeli baterai baru, apalagi sulit menemukan jenis baterai tersebut di pasaran, ada tips paling sederhana agar kamu dapat menyelamatkan  baterai ponsel tersebut.

loading...

Metode ini telah berhasil diuji coba oleh seorang pengguna YouTube, Syam Kapuk, lewat videonya yang ia unggah di channel-nya. Di video tersebut, tampak sebuah baterai ponsel yang sudah berubah menjadi gendut atau bergelembung.

Tindakan yang dilakukan adalah, ia memasukkan baterai ke dalam pembungkus dan memasukannya ke dalam freezer (kulkas). Setelah menyimpan baterai tersebut di freezer, tunggu selama 12 jam. Jika sudah selesai, keluarkan baterai dari dalam kulkas dan lap bagian pembungkus baterai.

Karena masih dalam kondisi dingin, bersihkan baterai dengan menggunakan kapas atau tisu sehingga tidak berair. Sebelum digunakan kembali, pastikan bahwa baterai terisi kembali dengan di-charge secara terpisah. Setelah terisi penuh, baru masukkan baterai ke dalam ponsel dan hidupkan kembali.

Baca juga:

Penyebab masalah yang menjadikan baterai hp menggelembung

Beberapa hal yang memicu atau yang dapat menyebabkan kondisi fisik baterai hp menjadi kembung adalah kesalahan dalam pemakaiannya yaitu:

  • Penggunaan Charger atau pengisian HP yang tidak normal seperti perangkat charger HP yang bukan original, karena charger yang bukan original memiliki tingkat output tegangan dan Ampere yang berbeda-beda dan belum tentu cocok dengan spesifikasi baterai dari HP tersebut dan itu bisa merusakkan baterai.
  • Pemakaian unit ponsel yang melebihi batas dan terlalu ekstrim, bermain game, nonton film, online dan apapun yang membuat kerja ponsel terlalu berat sampai suhu panas yang tinggi dan kurang istirahat serta memaksa pemakaian hp dengan bersamaan di charger.

Memperlakukan ponsel dengan wajar dan tidak berlebihan akan membuat konsumsi daya listrik menjadi lebih irit sehingga tidak menimbulkan panas yang tinggi.

Meningkatnya suhu ponsel juga bisa disebabkan karena lemahnya jangkauan sinyal yang diterima oleh unit ponsel sehigga memaksa perangkat untuk terus melakukan search lebih berat. Simak juga tentang cara Membuat Charger HP di Motor Dengan USB.

Post by Kang Izal

loading...