Breaking Post
Home » Technology » Android » HP android cepat panas inilah solusi mengatasinya

HP android cepat panas inilah solusi mengatasinya

HP-android-cepat-panasCara mengatasi masalah hp android yang cepat panas ketika sedang browsing, chating ataupun pada saat bermain game sebenarnya sangat mudah jika anda sudah memahami beberapa tips berikut ini dan dapat mengenali penyababnya.

Sebuah smartphone yang yang cepat panas sebenarnya adalah kondisi normal dan hampir seluruh ponsel cerdas dengan system operasi Android, IOS, Blackberry bahkan Windows pernah mengalaminya. Terjadinya panas ini adalah bersumber dari baterai yang bekerja secara menerus dan daya yang terpakai dengan cepat.

loading...

Khususnya kondisi hp android mudah panas sepertinya sangat wajar mengingat dengan hadirnya beragam fitur yang melengkapi smartphone mulai dari berbagai aplikasi multimedia juga akses internet yang selalu terkoneksi sehingga konsumsi daya baterai akan lebih besar dan terasa lebih boros.

Namun ada satu hal yang musti diperhatikan dan sangat perlu diwaspadai jika panas yang timbul pada hp android anda terjadi secara mendadak bahkan ketika smartphone anda sedang dalam kondisi standby. Untuk masalah seperti ini ada kemungkinan telah terjadi kerusakan hardware yang perlu untuk segera ditangani oleh ahlinya.

Solusi HP Android Lemot dan Cepat Panas

Berikut adalah beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah hp android cepat panas berdasarkan dari sumber masalahnya.

Kerusakan Baterai

Kondisi baterai android yang sudah lemah merupakan salah satu penyebab timbulnya panas pada smartphone anda karena ketidak mampuannya untuk menyimpan daya sehingga kinerja ponsel menjadi kurang optimal.

Kejadian ini bisa terdeteksi dengan tanda tanda borosnya daya baterai meskipun baru saja dilakukan pengecasan sampai posisi penuh 100%. Langkah mengatasinya hanya dengan mengganti unit baterai baru dengan kualitas original dan jangan pernah mencoba coba untuk menggunakan barang imitasi hanya karena tergiur harga yang murah, mengingat jika daya dan tegangan tidak sesuai dengan hardware ponsel maka justru akan membuat kerusakan lebih fatal. Simak tentang HP android paling irit baterai.

Instal Aplikasi

Penggunaan beragam aplikasi pendukung yang berlebihan juga tidak selalu akan menjadikan android anda semakin hebat. Pastikan anda menginstal aplikasi yang aman dan sesuai dengan lisensi yang di ijinkan.

Banyak aplikasi berbahaya yang harus diwaspadai jika anda tidak jeli justru akan menginveksi system smartphone anda karena ulah pembuat aplikasi nakal yang ingin mencuri data data user untuk keperluan yang tidak jelas. Biasanya aplikasi jahat akan berjalan secara terus menerus dan membuat daya baterai android lebih boros sehingga memicu timbulnya panas yang berlebihan.

Solusinya adalah dengan cermat ketika hendak menggunakan aplikasi pendukung lainnya dengan hanya memilih yang benar benar dapat anda ketahui secara pasti fungsi dan kinerjanya. Lihat juga tentang Aplikasi android terbaik.

Perlakuan Berlebihan

Menggunakan hp android secara berlebihan juga dapat mengakibatkan hp cepat panas seperti bermain game, browsing terus menerus, chating dengan video call, menonton video, membuka situs streaming, bahkan melakukan telepon dalam waktu yang lama.

Sekuat dan sebaik apapun hp android yang anda kagumi tetap saja terdapat keterbatasan yang wajib diperhatikan oleh penggunanya dalam hal perlakuan yang benar ketika memakainya.

Selayaknya sebuah mesin tetap membutuhkan waktu untuk beristirahat atau tahap pendinginan sebagai upaya mempertahankan stamina dan kinerja smartpone untuk waktu berikutnya.

Jaringan Yang Tersedia

Kualitas sinyal baik untuk jaringan seluler ataupun akses data juga berpengaruh terhadap konsumsi daya baterai android. Semakin baik jaringan yang tersedia dan terjangkau oleh ponsel anda maka akan membuat kinerja ponsel lebih ringan dan tentunya akan meminimalisir tingkat panas yang ditimbulkan.

Jika kebetulan anda berada pada lokasi dengan kualitas jaringan yang kurang memadai untuk akses dengan mode terbaik seperti H, LTE,dan 3G, maka jangan pernah memaksakan ponsel mencari jaringan secara otomatis. Lakukan seting manual untuk memilih jaringan yang memiliki tingkat paling rendah asalkan ponsel masih bisa terkoneksi seperti E atapun GPRS.

Tentunya anda harus bersabar jika menggunakan kualitas jaringan terendah karena akses data yang sangat lemot dan siap untuk memancing emosi. Namun setidaknya masih bisa untuk melakukan pengiriman data secara berlahan dan yang terpenting adalah hp tidak cepat panas.

Hal hal yang menjadi sumber penyebab hp android cepat panas biasanya sangat berpengaruh juga terhadap kinerja kecepatan ponsel dalam mengolah perintah system atau istilahnya menjadi lebih lemot ketika panas. Dengan menerapkan tips tips di atas setidaknya telah ada upaya untuk membuat smartphone anda lebih awet dan optimal.

Post by Dina Septika