Breaking Post
Home » Fun » Hiburan dan Wisata » Yogyakarta Kota Wisata Dan Budaya Yang Layak Untuk Dikunjungi

Yogyakarta Kota Wisata Dan Budaya Yang Layak Untuk Dikunjungi

Tempat-Wisata-JogjaDaerah Istimewa Yogyakarta, adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang selalu menarik untuk dikunjungi karena memiliki banyak tempat wisata yang luar biasa. Dengan slogannya ‘Jogja Never Ending Asia’, Yogyakarta berusaha membangun citra sebagai salah satu kota wisata yang kaya akan pesona alam dan budaya di Jawa Tengah.

Jika perjalanan ke Yogyakarta menggunakan kereta api, maka stasiun Tugu akan menjadi tempat pertama menjejakkan kaki di kota Yogyakarta.

Keluar dari stasiun Tugu ada kawasan Malioboro yang sudah siap menyambut kita.

loading...

Malioboro adalah nama jalan di kota Jogja yang berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti karangan bunga. Jalan Malioboro merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi karena merupakan surganya wisata belanja dan kuliner, bahkan untuk berfoto di papan nama jalan pun kadang harus mengantri terlebih dahulu.

Di sepanjang jalan ini dipenuhi pedagang dengan aneka ragam barang dagangan mereka seperti pakaian, tas, sandal, gantungan kunci, asesoris, batik, barang antik dan barang kerajinan khas Jogja lainnya yang akan membuat kita puas berbelanja.

Sedangkan malam hari banyak penjual makanan lesehan berjajar disini menjual berbagai jenis makanan, salah satunya adalah makanan khas Jogja yaitu gudeg Jogja.

Obyek wisata keraton Yogyakarta

Salah satu obyek wisata bersejarah di kota Yogyakarta adalah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi kesultanan yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Keraton ini didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I beberapa bulan setelah perjanjian Giyanti tahun 1755. Kompleks bangunan keraton sampai sekarang masih menjadi tempat tinggal sultan dan keluarganya dan masih menjalalankan tradisi kesultanan hingga saat ini meskipun kesultanan telah resmi menjadi bagian dari Republik Indonesia pada tahun 1950.

Sebagian kompleks Keraton merupakan museum tempat penyimpanan koleksi milik kesultanan, gamelan, termasuk berbagai macam barang pemberian dari raja-raja Eropa. Selain itu di Keraton kita juga masih bisa melihat kegiatan para abdi dalem sehari-hari.

Borobudur wisata Jogja yang paling populer di mata dunia

Candi Borobudur adalah candi Budha terbesar di dunia yang masih aktif sebagai tempat upacara keagamaan dan setiap tahunnya selalu dikunjungi umat Budha dari berbagai penjuru dunia untuk memperingati hari raya Trisuci Waisak.

Borobudur terletak di Magelang Jawa Tengah sekitar 40 km, kurang lebih 1,5 jam dari kota Yogyakarta, didirikan oleh penganut agama Budha Mahayana sekitar tahun 800 masehi pada masa pemerintahan dinasti Syailendra. Candi Borobudur dihiasi 2.672 relief dan 504 arca Budha.

Stupa utama yang terbesar terletak ditengah dan dikelilingi tiga barisan melingkar berupa 72 stupa berlubang yang didalamnya terdapat arca Budha tengah duduk bersila.

Candi prambanan wisata Jogja yang penuh legenda

Sedangkan Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia sekaligus candi terindah di Asia Tenggara terletak di kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman, kurang lebih 17 km dari kota Yogyakarta.

Candi ini pertama kali dibangun sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan. Berdasarkan Prasasti Siwagrha tahun 856 masehi nama asli candi ini dalam bahasa sansekerta adalah Siwagrha yang artinya rumah Siwa.

Bangunan ini dibangun untuk memuliakan dewa Siwa, sehingga candi Siwa adalah candi utama yang memiliki ketinggian 47 meter dengan arca Siwa Mahadewa nya setinggi 3 meter.

Wisata alam Yogyakarta dan sekitarnya

Selain wisata sejarah kita juga bisa mengunjungi obyek wisata alam seperti Desa Wisata Kalibiru dengan ketinggian 450 meter di atas permukaan air laut, terletak di kawasan perbukitan Menoreh, desa Hargowilis, kecamatan Kokap, kabupaten Kulon Progo, sekitar 40 km sebelah barat Yogyakarta.

Ditempat ini terdapat latar datar seluas kurang dari 1 meter untuk tempat flying fox dan dapat kita pergunakan sebagai spot poto fantastis karena berada di ketinggian dengan latar belakang kawasan perbukitan Menoreh, dataran luas yang menghijau dan waduk Sermo.

Hutan Pinus Mangunan, hutan ini dulunya berupa tanah tandus yang kemudian direboisasi lalu ditanami tanaman Pinus Merkusii, Mahoni, Akasia, Kemiri, Kayu Putih di lahan seluas kurang lebih 500 hektar.

Hutan Pinus Mangunan berfungsi sebagai hutan lindung sekaligus tempat tujuan wisata alam, terletak di desa Dlingo, kecamatan Mangunan, kabupaten Bantul. Hutan Pinus Mangunan juga cocok utuk lokasi hunting foto juga foto pre-wedding.

Bukit Breksi atau Tebing Breksi terletak di dusun Groyokan, desa Sambirejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman.

Tebing Breksi dahulu hanya tambang batu biasa yang menyerupai bukit kecil setinggi kurang lebih 20 meter. Terbentuknya tebing ini tidak secara alami melainkan terkikis oleh penambangan warga.

Bentuknya yang berlapis-lapis menyebabkan tebing ini akhirnya menjadi tempat wisata baru. Satu pemandangan indah dari atas puncak Tebing Breksi adalah pada saat matahari tenggelam.

Satu lagi tempat wisata modern yang baru dibuka adalah Upside Down World, Dunia Terbalik. Ini adalah Upside Down World kedua yang dibuka setelah Upside Down World pertama di Bali.

Upside Down World mempunyai beberapa spot poto antara lain ruang tamu, ruang santai, ruang 3D, kamar tidur utama, kamar tidur anak, kamar mandi, ruang makan, dapur, ruang cuci pakaian, garasi dan tidak ketinggalan warmindo, Warung Indomie Indonesia.

Warmindo adalah warung makan murah yang menjadi lifesyle anak kos di Yogyakarta. Semua furniture yang diletakkan terbalik ini di tempat ini adalah furniture asli bukan imitasi atau gambar 3D.

Mulai dari tempat tidur, sofa, wastafel, kompor gas, tv, bahkan laptop. Untuk cara berpose kita tidak usah bingung karena ada guest assistance yang siap menemani, mengajari cara bergaya dan mengabadikannya lewat kamera.

Sedikit tips saat berkunjung ke Upside Down World, jangan membawa barang terlalu banyak karena tidak disediakan loker penyimpanan barang dan jangan lupa membawa kaos kaki karena tidak diperbolehkan menggunakan alas kaki pada saat berada di area spot poto.

Upside Down World terletak di Ring Road Utara No. 18, Maguwoharjo, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, sebelah utara stadion Maguwoharjo.

Wisata kuliner Yogyakarta untuk memanjakan selera

Selain wisata sejarah, wisata alam dan wisata modern tentu juga ada wisata kuliner di Yogyakarta. Sebagai makanan khas Jogja, gudeg hampir selalu ada di setiap sudut kota Jogja.

Wijilan sebagai sentra gudeg adalah salah satu daerah yang terkenal dengan deretan warung gudeg nya terletak 50 meter dari alun-alun utara Jogja.

Ada beberapa macam gudeg, selain gudeg basah yang bisa kita santap ditempat, salah satu pilihan oleh-oleh yang paling banyak dicari adalah gudeg kering dalam wadah kendil karena lebih tahan lama walaupun dibawa keluar kota. Selain gudeg kering ada juga gudeg kaleng.

Gudeg kaleng dikemas dalam wadah ukuran 300 gram bisa untuk 3-4 kali makan dan tahan selama 1 tahun selama dalam kemasan. Gudeg bisa bertahan selama 1 tahun meskipun tidak memakai pengawet dan bebas MSG setelah melewati beberapa proses.

Setelah gudeg dimasukkan dalam kaleng, kaleng dipanaskan hingga suhu 130 derajat celcius selama beberapa jam, kemudian direndam dalam air dingin. Proses ini bisa mematikan bakteri yang membuat makan menjadi busuk.

Selain gudeg makanan lain yang identik dengan Jogja adalah Bakpia. Bakpia Pathok adalah oleh-oleh khas Jogja yang melegenda.

Pathok sendiri adalah nama jalan yang sekarang telah berubah menjadi KS Tubun dan merupakan sentra pembuatan bakpia yang terletak di sebelah barat Malioboro.

Bakpia adalah kue berbentuk bulat pipih yang berisi campuran kacang hijau dan gula lalu dibungkus kulit dari tepung terigu kemudian dipanggang.

Dalam perkembangannya sekarang bakpia tidak hanya berisi kacang hijau melainkan terdiri dari banyak varian rasa seperti keju, kacang hitam, durian, coklat bahkan cappucino.

Kuliner selanjutnya adalah sate Karang makanan khas Kota Gede Jogja, dinamakan sate karang karena sate ini berlokasi di lapangan Karang Kota Gede.

Sate Karang adalah sate yang terbuat dari otot daging sapi sehingga daging terasa empuk dan lezat. Sate dapat dibumbui dengan bumbu kecap, bumbu kacang atau bumbu kocor yaitu bumbu racikan yang terdiri dari garam, gula merah, jeruk, bawang merah dan ketumbar.

Sate Karang ini menjadi khas karena disajikan dengan lontong sayur dan irisan tempe. Dengan harganya yang sedikit mahal sate ini wajib disantap karena cuma ada di Kota Gede Jogja.

Ada sate Karang ada sate Klatak. Yang membedakan sate Klatak dengan sate lainnya adalah sate Klatak terbuat dari daging kambing muda yang hanya dibumbui garam, merica dan bawang sehingga waktu di panggang berbunyi klatak-klatak.

Selain itu sate ini tidak ditusuk menggunakan tusuk bambu melainkan ditusuk menggunakan jeruji besi sepeda sehingga bumbu nya meresap dan matang sempurna sampai di dalam.

Beberapa ulasan tempat wisata jogja yaitu wisata bersejarah, wisata alam, wisata modern dan wisata kuliner di atas hanya sebagian dari sekian banyak tempat wisata yang bisa menjadi pilihan saat kita berkunjung ke Yogyakarta.

Jadi tunggu apalagi untuk menikmati liburan tidak perlu sampai keluar negeri dengan biaya yang mahal, karena negara kita penuh dengan wisata yang tidak ada habisnya.

Post by poni cuantik

loading...