Breaking Post
Home » OTOMOTIF » Tips agar ban motor lebih awet dan tidak licin

Tips agar ban motor lebih awet dan tidak licin

Ban-awet-tidak-licinMerawat ban motor agar lebih awet dan tetap optimal lebih penting lagi agar  tidak cepat licin merupakan hal yang harus diketahui oleh setiap pemilik kendaraan bermotor, mengingat fungsi ban itu sendiri yang amat sangat penting untuk keselamatan berkendara dan pendukung performa motor.

Tidak dapat pula dipungkiri bahwa harga ban motor semakin naik setiap waktunya sedangkan dengan pemakaian yang rutin setiap hari berkendara maka keausan tapak ban akan lebih cepat terkikis.

loading...

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi ban menjadi lebih awet dan tidak cepat licin dengan cara cara berikut ini.

  • Membiasakan mencuci ban jika sudah tampak kotor akan membuat kompon karet ban tidak cepat mengeras sehingga daya cengkeram terhadap permukaan aspal tetap optimal.
  • Hindari permukaan karet ban terkontaminasi dengan zat cair yang mengandung minyak dalam waktu yang lama karena akan menjadikan molekul karet mengembang dan mudah terkoyak.
  • Jaga tekanan angin sesuai dengan ketentuan standart yang tercantum pada ban untuk membuat kinerja ban tetap optimal karena tekanan angin akan mempengaruhi performa berkendara.
  • Pemakaian cairan pengkilap ban boleh digunakan dengan syarat tidak mengandung zat yang bersifat bahan bakar.
  • Perlakuan yang salah sering terjadi karena tukang tambal ban yang tidak professional sehingga merusak struktur ban itu sendiri karena penggunaan alat alat servis ban yang kurang tepat.

Tips tambahan tentang cara memilih ban yang baik adalah dengan melihat dan menyentuh kompon ban secara langsung. Pastikan ban yang anda pilih memiliki struktur kompon karet yang lunak karena akan lebih optimal mencengkeram ke aspal dan aman dari tergelincir.

Post by Dina Septika