Breaking Post
Home » Technology » Android » Kenali Tanda Aplikasi Berbahaya Pada Android Kamu

Kenali Tanda Aplikasi Berbahaya Pada Android Kamu

Aplikasi-berbahaya-pada-androidTernyata masih banyak aplikasi yang berbahaya mengintai smartphone android kamu meskipun Sistem operasi android yang dikembangkan oleh Google ini dianggap lebih kebal terhadap virus atau malware yang sering meyerang ke dalam handset dibandingkan dengan OS lain seperti Windows atau pun iOS.

Dalam hal ini Google cuma melakukan langkah pemindahkan terhadap kehadiran malware yang ada di Playstore saja sehingga sampai saat ini masih banyak peredaran virus yang bergentayangan dibalik aplikasi lainnya. Alih-alih ingin mencari aplikasi yang bagus justru virus yang terinstall pada ponsel kamu dan akan menjebak pengguna, memanipulasi dan mencuri data-data penting kamu.

loading...

Berikut ini adalah cirri cirri aplikasi berbahaya yang wajib kamu ketahui diantaranya adalah:

Tidak pernah ditemukan di PlayStore

Saat ini memang banyak sekali tersedia aplikasi-aplikasi instant yang hanya disediakan link untuk mengunduh file .apk yang kemudian disebar luaskan melalui Koneksi data atau Bluetooth. Untuk beberapa kasus, aplikasi-aplikasi tersebut banyak dibuat oleh developer yang tidak terpercaya dan kemungkinan mengandung malware. Banyak ahli menyebutkan bahwa aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut adalah memang berasal dari luar GooglePlay.

Ijin instalasi yang sangat mencurigakan

Ketika kamu melakukan pemasangan aplikasi dari luar Play Store, biasanya terdapat tanda mencurigakan saat awal muncul izin pemasangan. Ketika anda memutuskan misalnya menginstall aplikasi senter, kemudian aplikasi tersebut meminta izin untuk membaca kontak, akses lokasi atau pun membuat koneksi internet, ada kemungkinan besar aplikasi tersebut berbahaya untuk smartphone kamu.

Deretan izin pemasangan tadi bisa saja digunakan untuk mencuri data-data penting dari ponsel yang secara otomatis akan di upload ke internet menuju server pembobol.

Review, vote dan rating yang tampak tidak natural

Jumlah atau angka banyaknya penginstall pun dapat kamu jadikan ciri aplikasi tersebut bahaya atau tidak. Jika kamu melihat aplikasi yang sudah didownload oleh lebih dari 1juta orang dan mendapat rating 4-5 itu tandanya aplikasi tersebut aman dan terpercaya. Simak juga tentang Aplikasi penghemat baterai terbaik.

Namun belum sampai disini, kamu juga harus melihat ulasan dari aplikasi tersebut. Baca sejenak ulasan komentar dari pengguna lain dulu. Aplikasi buatan Google yang terpercaya biasanya memiliki keamanan yang terjamin ketimbang developer lain.

Deskripsi aplikasi tidak jelas dan tampak membingungkan

Deskripsi ini yang seharusnya memberikan keterangan singkat kepada pengguna untuk dapat memahami apa fungsi dan keunggulan dari aplikasi tersebut. Jika kamu membaca diskripsi yang kurang jelas dan membuat kamu kesulitan untuk  mengartikannya, ini menandakan bahwa aplikasi tersebut perlu dicurigai sebelum menginstalnya pada smartphone android kamu.

Post by Dina Septika