Breaking Post
Home » OTOMOTIF » Mengatasi susah masuk gigi untuk motor kopling manual

Mengatasi susah masuk gigi untuk motor kopling manual

Susah-Masuk-Gigi-TransmisiBanyak sekali keluhan tentang masalah motor kopling manual yang mengalami susah masuk gigi ataupun pengoperasiannya. Salah satu yang paling sering terjadi adalah karena setelan tuas kopling yang belum tepat.

Selain itu persoalan sulit pindah gigi transmisi adalah disebabkan oleh tuas transmisi yang ada pada bagian gear box. Jika diperhatikan lebih detail, komponen tuas transmisi pada motor sport akan berbeda dengan jenis motor bebek.

Setelan kopling yang tepat mempermudah perpindahan gigi transmisi

Setel-KoplingPertama dengan pemeriksaan pada bagian tuas kopling atau umumnya disebut handle kopling yang ada di stang kiri. Jika setelan gerak tuas kopling terlalu dalam maka, saat tuas di tarik penuh akibatnya kerenggangan kampas kopling tidak dapat terjadi secara maksimal.

loading...

Boleh dibilang masih terjadi slip kopling yang berakibat perpindahan gigi transmisi akan sangat sulit karena putaran mesin masih belum bebas.

Berikan setelan tuas kopling sedikitnya separo dari gerak handle sudah dapat membuat putaran mesin bebas dari transmisi. Cara memeriksanya adalah dengan memasukkan gigi kemudian coba putar roda belakang jika sudah bisa bergerak ringan artinya setelan kopling sudah tepat.

Mengatasi-Susah-Oper-Gigi-TransmisiYang kedua adalah pada bagian tuas transmisi. Pada jenis motor sport biasanya ada sumbu atau link yang berhubungan dengan poros gear box. Penyebab susah masuk atau pindah gigi biasanya adalah karena sumbu ini macet yang disebabkan oleh karat, kotoran ataupun aus.

Menyemprotkan minyak pelumas atau mengoleskan vet pada sumbu kopling akan menjadikan kerja komponen ini lebih ringan dan membuat perpindahan gigi semakin lancar.

Post by Dina Septika

loading...