Breaking Post
Home » Fun » Hiburan dan Wisata » Soto Babat Kuliner Khas Kota Madiun Yang Asli Sejak Tahun 1960

Soto Babat Kuliner Khas Kota Madiun Yang Asli Sejak Tahun 1960

Singgah di kota Madiun, selayaknya anda tidak melewatkan untuk mencicipi kuliner khas bernama soto babat yang telah cukup dikenal oleh masyarakat dan menjadi salah satu menu dengan citarasa yang berbeda dengan soto yang pernah ada di kota lainnya.

Soto Babat Madiun, Cikal Bakal Soto Sesungguhnya

Wisata kuliner Madiun

Soto babat Madiun

Makanan berbahan dasar jeroan sapi ini tidak hanya terkenal di kota Semarang. Di Madiun salah satu kota di propinsi Jawa Timur, ada soto dengan bahan dasar babat atau disebut Jao to.

Asal mulanya soto adalah makanan yang berasal dari Cina yang dalam dialek Hokkian disebut Cau do atau Jao to. Karena pada jamannya dulu soto menggunakan jeroan sapi sebagai isinya. Jadi itulah alasannya mengapa soto babat Madiun sering disebut Jao to. Karena soto babat khas kota Madiun ini mewarisi asal usul soto yang sesungguhnya.

loading...

Depot Soto Babat Cokro

Di kota Madiun ada depot nasi soto babat yang sudah ada sejak tahun 1960. Tan Han Thiem memulai usaha ini pada usia 33 tahun dibantu oleh istrinya Djie Kwie Nio. Depot nasi soto babat ini menjual nasi soto babat, nasi goreng babat dan sambel goreng babat dengan resep pribadi mereka.

Nasi Goreng Di Madiun

Nasi goreng babat

Depot ini sempat ditutup sementara beberapa bulan pada tahun 2000 setelah berjualan selama 40 tahun lamanya.

Tan Han Thiem dan Djie Kwie Nio kemudian memutuskan pindah ke Jogja pada tahun 2007 setelah sebelumnya mewariskan resep soto babat mereka pada istri keponakan Tan Han Thiem, Shih Ching Ing.

Pada tahun 2000 ini juga depot nasi soto babat ini dibuka kembali, hanya berbeda dua rumah dari depot lama di jalan Cokroaminoto 73 Madiun, kidul klenteng.

Baca juga:

Sekarang depot ini sudah berada di tangan generasi ketiga, Yunita Candra Dewi, anak ke empat Shih Ching Ing, generasi muda yang berusaha meneruskan bakat dan resep warisan keluarga.

Masih dengan resep yang sama sehingga tidak merubah cita rasa masakan soto babat ini. Babat yang sebelumnya telah di presto membuat babat di Depot Babat Cokro ini dijamin sangat empuk dan nikmat disantap.

Soto babat atau jaoto yang ada di Madiun ini berisi babat sapi yang diiris kecil dan memiliki kuah bening kaldu dari ayam kampung. Jika anda tidak menginginkan babat sebagai isinya, anda bisa memilih daging ayam sebagai penggantinya. Dijamin enak dan berbeda dengan soto babat yang pernah ada.

Dilengkapi dengan taburan bawang goreng dan daun seledri, disajikan bersama irisan jeruk nipis dan sambel taoco yang dimasak lagi dengan beberapa bumbu tambahan membuat sambel taoco ini menjadi lebih sedap.

Selain soto babat ada juga sambel goreng babat. Babat yang digoreng dengan telur dan bumbu lombok merah besar, disajikan dengan taburan bawang goreng.

Tempat makan di madiun

Sambal goreng babat

Jika anda penggemar rasa pedas dapat ditambah sambal yang pedas atau anda ingin sambel goreng ini sedikit berkuah atau lebih banyak kuah, semua bisa anda request saat memesan makanan jadi makanan bisa dimasak sesuai dengan selera anda. Satu porsi sambel goreng babat sangat cocok untuk dijadikan lauk dengan sepiring nasi hangat.

Seiring dengan perkembangan teknologi, depot nasi soto babat ini juga sudah memiliki ig Depotbabatcokro untuk menunjang kesuksesannya.

Nah jika anda ke kota Madiun sempatkanlah mampir di Depot Babat Cokro yang buka mulai pukul 07:00 sampai 14:00 dengan harga terjangkau akan membuat anda merasa puas dan kenyang.

Post by poni cuantik

loading...