Breaking Post
Home » Bisnis » Solusi terbaik ketika kesulitan membayar hutang BANK

Solusi terbaik ketika kesulitan membayar hutang BANK

Solusi-Sulit-Bayar-HutangApa tindakan yang bisa dilakukan ketika sulit membayar hutang BANK sedangkan tanggal jatuh tempo sudah semakin mendekat. Dengan persoalan keuangan seperti ini tentu saja akan menjadi dilema sehingga akan mempengaruhi emosi serta berakibat pada kondisi hidup yang tidak nyaman.

Bank biasanya memiliki bagian khusus untuk menghadapi kredit macet. Dan memiliki kategori-kategori tersendiri yang diberikan pada nasabahnya. Tidak semua nasabah berniat curang, tetapi kadang kondisi keuangan memang sedang tidak mendukung.

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menghadapi kesulitan tersebut.

loading...

Menghubungi pihak bank lebih awal akan lebih baik

Saat nasabah mengalami kesulitan pembayaran, yang diharapkan oleh pihak bank adalah itikad baik. Saat anda mengalami kesulitan membayar hutang bank, hubungilah pihak bank (marketing yang membantu anda saat proses atau managernya) sebelum jatuh tempo pembayaran. Itikad baik seperti ini membuat anda cenderung diperlakukan dengan baik, daripada anda menghindar saat anda kesulitan.

Tidak perlu menghindar saat ditagih pihak BANK

Debt Colector juga manusia, yang memiliki emosi. Bahkan mereka setiap hari menghadapi orang-orang yang kesulitan.

Meskipun mereka terkadang tampak menakutkan tapi tidak perlu takut ataupun cemas karena sebanyak apapun tanggunan yang anda miliki, anda akan tetap dilindungi oleh hukum dari tindakan yang melanggar hak asasi manusia.

Anda bisa bilang “memang hari ini saya belum sanggup membayar, dan berusaha mencari solusi. Tapi bukan berarti mau lari, kalau dendanya berjalan.. itu memang kewajiban saya untuk bayar juga, terima kasih sudah mengingatkan.”

Biasanya debt colector juga meminta kepastian tanggal kapan anda akan menyelesaikanya, maka berikanlah juga tanggal dimana anda cukup longgar untuk mencari solusi.

Tampakkan sikap sopan dan tetap bertanggung jawab

Kalau anda bersikap tidak sopan, debt colector akan bertindak lebih tidak sopan lagi.. dan kalau anda takut, maka dia akan bertindak menekan. Sikap yang tenang dan sopan.. akan membuatnya lebih segan.

Rekam pembicaraan saat menghadapi debt colector

Siapkan gadget anda saat berhadapan dengan debt colector, nyalakan tombol rekam, dan berbicaralah sopan dengan mereka. Jika ada kalimat-kalimat penekanan, atau ancaman biarkan dulu mereka selesai bicara.

Anda cukup diam dan tersenyum, setelah itu diakhir pembicaraan matikan rekamanya dan berbicaralah “ini negara hukum, saya hanya belum sanggup membayar, bukan berarti tidak mau membayar.. sekarang saya sedang berusaha keras untuk membayarnya, dan penekanan / ancaman barusan semuanya terekam jelas, saya rasa cukup bukti untuk dilaporkan sebagai pelanggaran pasal 335 KUHP, tehnya diminum dulu pak supaya enak kita cari solusi.”

Bernegosiasi menyesuaikan kemampuan anda membayar

Tentunya dalam kondisi ini anda harus mengukur kemampuan anda, kira-kira berapa waktu tercepat untuk mendapatkan cara melunasi hutang. Mungkin anda belum ada gambaran, tetapi anda harus berfikir logis, dengan kemampuan anda saat ini berapa waktu yang dibutuhkan untuk berfikir. Itu yang penting, anda bisa berkata seperti ini “begini pak.. saya memang sekarang sedang kesulitan, dan perlu waktu beberapa hari untuk berfikir, bagaimana kalau saya minta waktu 2 hari untuk tenang, dan saya telpon bapak dalam 2 hari itu, kapan saya sanggup membayarnya. Mohon maaf karena saya perlu merubah rencana karena kondisi bisnis yang tidak pernah saya perkirakan sebelumnya..”

Menghadapi dengan bersikap terbuka

Seringkali rekan-rekan yang sedang bermasalah dengan bank malah menjadi tertutup. Saya ingatkan pada anda, jika bersikap tertutup, darimana anda akan mendapatkan solusi keuangan anda. Padahal banyak ide-ide menarik diluar, bisa dari teman bisnis, keluarga maupun sahabat. Bersikaplah terbuka dan menjalin silaturahmi, rejeki selalu ada, anda hanya belum tahu dimana dan kapan waktu mendapatkanya. Keluarlah dan mulai mencarinya dengan sabar. Simak juga tentang cara mengajukan kredit KUR BANK BRI.

Demikian beberapa tindakan yang sepatutya anda kuasai ketika sedang menghadapi masalah dengan pihak BANK ataupun jenis lembaga keuangan lainnya apabila situasi sudah sangat kritis.  Sumber: http://arlikurnia.com/cara-membayar-hutang-bank/

Post by Dina Septika

loading...