Breaking Post
Home » OTOMOTIF » Kecepatan Moto GP Ada Dibagian Mana? Inilah Rahasianya

Kecepatan Moto GP Ada Dibagian Mana? Inilah Rahasianya

Rahasia-Mesin-MotoGPIngin tahu rahasia kecepatan moto GP yang sangat dahsyat ada pada bagian yang mana? Tentunya pertanyaan ini seringkali menjadi sesuatu yang sangat perlu karena untuk kendaraan darat roda dua, tunggangan rider motoGP adalah salah satu yang tercepat dan menjadi tolak ukur bahwa teknologi motor bisa dikembangkan sampai sehebat itu.

Dari awal masa motoGP tahun 2006, penggunaan motor dengan kapasitas silinder 990cc pernah diturunkan menjadi 800cc karena kecepatan motor sudah dianggap terlalu berbahaya untuk para pembalapnya.

Rahasia-Kecepatan-MotoGPNamun pada era tahun 2012, FIM mengembalikan regulasi motor ke 1000cc dengan alasan agar teknologi pengembangan mesin tidak terlalu membutuhkan biaya mahal karena setara dengan kapasitas mesin superbike.  Menurut penuturan para pembalap motoGP, sebenarnya kapsitas mesin 800cc ataupun 1000cc tidak terlalu jauh selisihnya ketika akan mencapai top speed.

loading...

Kecepatan maksimum motor 800cc bisa mencapai 349 km/jam sedangkan untuk yang 1000cc dapat mencapai 350 km/jam. Selisih rata rata untuk kedua type mesin ini hanyalah antara 1 hingga 6 km/jam saja dari berbagai catatan masing masing rider kelas atas yang pernah mencicipi podium motoGP.

Lalu apa sebenarnya rahasia kecepatan moto GP yang bisa menemukan teknologi sehebat itu dalam hal kecepatan maksimum?

MotoGP-VS-SuperbikeJika kamu pernah merasakan performa motor kelas superbike 1000cc yang notabene bukan motor prototype artinya yaitu motor yang memang dijual bebas dipasaran, maka sesungguhnya juga tidak akan kesulitan untuk mencapai top speed diatas 300 km/jam.

Hanya saja perbedaanya dengan tunggangan rider motoGP adalah pada sisi pendukung lainnya meliputi kemanan, control, serta teknologi tambahan yang bersifat prototype. MotoGP menggunakan part yang memang dipesan menyesuaikan dengan lintasan yang akan dilalui pada sesi balapan dan akan selalu berganti menyesuaikan dengan kondisi lingkungan termasuk kondisi penunggangnya. Jadi dari pihak pabrik pemegang merek akan menuruti permintaan dari team balap yang di dukungnya.

Oleh karena itu kenyamanan yang diperoleh pembalap akan lebih sesuai sehingga menjadikan pembalap semakin selaras dengan motornya dan hal ini akan mempengaruhi mental pembalap ketika membesut tunggangannya dengan kecepatan maksimum tanpa ragu ragu. Simak juga tentang Tindakan Ceroboh Valentino Rossi.

Kecepatan-SuperbikeDiluar arena motoGP sebenarnya masih banyak motor roda dua dengan kecepatan yang lebih hebat, bahkan untuk kelas superbike juga memiliki power motor yang hampir sama. Namun dari sisi pendukungnya saja yang menjadikan moto GP adalah motor super mahal karena komponen yang akan dipakai harus dibuat oleh pabrik beberapa saat sebelum perlombaan dimulai.

Post by Dina Septika

loading...