Breaking Post
Home » Technology » Android » Jangan panik jika ponsel terkena air

Jangan panik jika ponsel terkena air

HP-Ponsel-terkena-airKetikai secara tidak sengaja ponsel kesayangan anda terkena atau tersiram air tentu akan sontak membuat anda sangat panik. Pasti dalam bayangan sudah dihantui khawatir bahwa hp tersebut akan rusak, mati total, signal hilang, biaya mahal dan lain sebagainya.

Sebenarnya tidak perlu panik dan cepat menyerah, masih ada kemungkinan untuk menyelamatkan ponsel anda jika hanya masalah tersiram air. Dengan langkah langkah yang tepat, tentu saja anda akan mampu menanganinya sendiri tanpa keluar biaya yang besar.

loading...

Kesalahan umum ketika ponsel / hp terkena air

  • Jauhkan dari alat pemanas. Kebanyakan orang pada umumnya ketika mendapati hp mereka basah, selalu mencari cara untuk segera mengeringkan dengan mencari pemanas. Yang paling sering adalah dengan meletakkan hp di atas televisi agar panas yang di timbulkan oleh televisi akan membantu proses pengeringan hp yang basah. Sesungguhnya cara seperti ini sangat tidak di anjurkan karena sebaik apapun panas yang di dapat dari televisi atau mesin oven tersebut tidak akan pernah mampu menjangkau bagian terdalam hp yang tersiram air.
  • Jangan pernah langsung di aktifkan. Ketika anda menyadari ponsel telah basah, segeralah melepas baterai, sim card, serta memory external dari slotnya. Karena dalam kondisi basah sangat riskan terhadap konsleting, jangan pernah mencoba untuk langsung menghidupkan hp meskipun hanya untuk sekedar mencobanya, sebelum masalah basah tersebut teratasi.

Tindakan yang tepat ketika ponsel terkena air

Setelah casing, baterai, serta memory ataupun sim card yang berada pada slot terlepas, segera lakukan pengeringan menggunakan kipas angin agar butiran butiran air bisa terlepas terbawa angin. Jika memiliki hair dryer, bisa anda gunakan namun jangan melakukannya terlalu dekat karena panas yang berlebihan dan tidak terarah bisa saja membuat komponen justru bermasalah.

Dalam kondisi darurat diperjalanan atau di tempat tempat umum yang sangat sulit menemukan kipas atau hair dryer, proses penyelamatan untuk hp yang tersiram air adalah dengan membiarkannya di tempat yang kering dan udara yang bebas, dalam kondisi casing, baterai, serta sim dan memory terlepas dari slot.

Beberapa tips diatas setidaknya adalah tindakan penyelamatan secara darurat untuk memberikan pertolongan pertama. Setelah semua langkah anda lakukan secara benar, cobalah untuk merakitnya lagi dan pastikan terminal baterai dan konektor baterai dalam keadaan kering.

Sampai pada tahap ini jangan memasang terlebih dahulu sim card atau memory karena anda harus memastikan bahwa ponsel tersebut masih bisa hidup. Jika memang tanda tanda kehidupannya sudah jelas, layar bisa menyala dengan sempurna, maka bisa anda coba mengisi sim card dan memory untuk melakukan pemeriksaan penuh terhadap suara, tampilan layar, fungsi keypad, koneksi jaringan atau data, serta perangkat pengisi daya (charger) apakah bisa berfungsi dengan baik.

Post by Dina Septika