Breaking Post
Home » Bisnis » Perbedaan tabungan dan deposito untuk menyimpan uang

Perbedaan tabungan dan deposito untuk menyimpan uang

Banyak masyarakat yang masih belum paham perbedaan antara tabungan dan deposito ketika hendak menyimpan uang di bank. Kedua jenis simpanan tersebut sama juga dikenakan pajak sekitar 20% meskipun konsep keduanya sangat jauh berbeda. Pihak bank pada umumnya memberikan tingkat bunga yang tidak sama untuk dana tabungan dan deposito.

Yang menjadikan perbedaan utama di antara kedua jenis simpanan tersebut adalah kemudahan dalam proses penarikan dana nya. Untuk simpanan deposito dirancang dengan jangka waktu tertentu jika ingin melakukan penarikan mulai dari jangka 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Sebagai contoh jika anda menyimpan dana deposito dengan jangka 6 bulan, maka anda tidak akan bisa menarik dana sebelum jangka waktu tersebut tercapai. Akan ada beban denda yang dikenakan pada nasabah jika tetap bersikeras melakukan penarikan dana deposito sebelum waktunya.

Penarikan dana deposito juga tidak bisa dilakukan melalui TM selayaknya tabungan biasa. Untuk itu jika ingin mengambil dana deposito harus menghubungi pihak bank dimana dana tersebut di investasikan (disetorkan). Akan tetapi suku bunga yang dihasilkan oleh dana deposito akan masuk secara otomatis ke dalam rekening tabungan dan menjadi saldo dana tabungan biasa.

loading...

Investasi-depositoSudah umum seperti di tawarkan oleh kebanyakan pihak bank bahwa suku bunga deposito akan lebih tinggi dibandingkan dengan bunga tabungan biasa. Seperti contoh suku bunga untuk tabungan biasa pada bank BCA maksimum adalah 2,05%. Sedangkan bunga deposito Rupiah untuk jangka waktu 1 bulan saja dapat mencapai 7,05%. Apabila dana simpanan anda pada tabungan biasa yang hanya kisaran 5 juta ke bawah, maka bunga yang anda dapatkan hanya cukup untuk menutupi biaya administrasi per bulan saja.

Deposito merupakan investasi

Mengetahui bunga deposito yang ternyata lebih tinggi daripada tabungan biasa bisa menjadikan sebuah pilihan investasi masa depan. Meskipun dibandingkan dengan jenis investasi yang lain seperti, emas, property, memang deposito adalah yang paling rendah. Akan tetapi investassi deposito merupakan bentuk investasi yang paling aman dari resiko serta sangat cocok untuk masyarakat yang masih sangat awam untuk bisnis investasi.

Jika dibandingkan dengan menyimpan uang dalam bentuk tabungan biasa, deposito sangat berperan dalam mengontrol manajemen keuangan anda. Kecilnya bunga tabungan rekening biasa serta kemudahan dalam melakukan transaksi penarikan kapan saja dan dimana saja akan membuat anda sulit mengontrol pengeluaran sehingga secara emosi bisa menghabiskan dana anda dalam sekejap.

Post by Dina Septika

loading...