Breaking Post
Home » OTOMOTIF » Perawatan penting untuk motor saat musim hujan

Perawatan penting untuk motor saat musim hujan

Merawat-motor-saat-hujan Cara merawat motor pada saat musim hujan sangat penting dilakukan mengingat akan buruknya akibat yang dapat ditimbulkan oleh air hujan terhadap bagian bagian penting kendaraan bermotor anda.

Di usahakan agar selalu mencuci dengan air bersih seluruh bagian motor walaupun hanya sekedar mengguyurkan air untuk menghilangkan bekas air hujan dan kotoran yang menempel.

loading...

Perawatn motor pada saat musim hujan merupakan satu hal yang krusial agar motor selalu dalam kondisi prima sebab pada kenyataanya air hujan yang selalu mengotori bagian mesin akan menimbulkan masalah serius di kemudian hari.

Berikut ini adalah beberapa tips merawat motor yang dapat di lakukan ketika sudah memasuki musim hujan.

Semua komponen logam. Kotoran yang menempel dalam waktu yang lama dan terkena panas matahari akan menyebabkan bercak dan memicu munculnya karat.

Rem. Khusunya pada rem tromol jika terdapat kotoran akan mengendap bercampur dengan serbuk kampas rem hingga membuat goresan dan cepat aus . Untuk rem cakram akan menyebabkan piringan mudah tergores juga muncul suara berdecit bahkan pengereman menjadi kurang maksimal.

Swing arm. Poros (sumbu) lengan ayun juga mudah sekali terselip kotoran sehingga pergerakan menjadi keras dan kaku.

Sock Breker. Suspensi yang sering terpapar kotoran akan membuat seal lekas bocor sehingga cepat mecet dan akhirnya menjadi keras (mati).

Rantai. Bagian ini harus selalu terjaga kebersihannya agar tidak terjadi gesekan kotoran terhadap komponen bantalan rantai yang membuat rantai dan gear cepat aus.

Kisi kisi yang berfungsi menyebarkan panas akan terhalang kotoran membuat panas mesin tidak tersalurkan secara sempurna dan beresiko mesin cepat jebol.

Pastikan kondisi fisik motor anda tetap bersih dari segala bentuk kotoran apalagi perawatan di saat musim hujan yang cenderung harus dilakukan lebih extra agar tidak ada efek buruk hanya karena anda lalai membersihkan.

Post by Dina Septika

Dina Septika