Breaking Post
Home » Bisnis » Peluang usaha ternak bekicot (siput) yang menjanjikan

Peluang usaha ternak bekicot (siput) yang menjanjikan

Usaha-ternak-bekicotTernak bekicot merupakan sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan mengingat saat ini telah banyak dijumpai berbagai macam kreasi olahan makanan yang menggunakan bahan dasar siput ini mulai dari sekedar camilan hingga menu kuliner yang banyak digemari oleh masyarakat.

Saat ini harga perkilogram bekicot dengan cangkang mencapai Rp.4.000 sedangkan untuk harga daging bekicot bersih tanpa kotoran dan cangkang bisa mencapai Rp.17.000.

Melihat potensi tersebut tentu saja akan melahirkan ide dan gagasan yang mana untuk membuat sumber bahan baku olahan bekicot yang pada umumnya hanya akan banyak tersedia pada musim tertentu saja menjadi selalu ready setiap waktu berapapaun permintaan konsumen.

loading...

Untuk memenuhi permintaan yang semakin besar, maka dengan membudidayakan atau beternak bekicot merupakan salah satu peluang usaha dan bisnis yang layak untuk di lirik karena usaha ini tergolong sangat mudah dan tidak memerlukan modal yang terlalu besar.

Dalam budidaya bekicot luas lahan yang diperlukan sangat bebas tergantung dari selera peternak apakah ingin mencapai hasil yang besar atau hanya sedang karena semakin besar target yang akan diraih maka sudah pasti memerluakn kapasitas panen yang besar dan otomatis lahan untuk budidaya juga menyesuaikan.

3 Metode beternak bekicot

Ada 3 cara untuk membuat sarana budidaya bekicot yang dibedakan menurut jenis lahan dan area yang sesuai dengan kondisi lingkungan atau tempat budidayanya.

Kandang kotak kayu

Model ini sangat cocok bagi yang tidak memiliki lahan sempit dan hanya berada disekitar rumah atau bahkan bisa diaplikasikan pada lokasi di atas rumah (atap beton).

Hanya memerlukan bahan lembaran triplek dan kerangka kayu kaso yang dibuat dengan ukuran panjang 2 meter lebar 1meter dan tinggi sekitar 60 hingga 70 centi meter. Kotak harus memiliki kaki dan diberikan alas bak air untuk mencegah serangga jahat seperti semut menyerang dan merusak lokasi bekicot.

Kandang bak semen

Berbentuk seperti kolam dan lebih tepat untuk yang memiliki lahan di luar rumah. Untuk ukuran bebas sesuai selera yang terpenting adalah cara mengamankan agar bekicot tidak kabur dengan cara membuat tutup kasa pada bagian atas atau dengan membuat parit berisi air pada sekeliling kolam.

Kandang model ini lebih mudah untuk membuat kelembaban yang ideal dari pada model kandang kotak kayu.

Kandang galian tanah

Jika memang memiliki lahan yang bebas dan belum berfungsi, model galian tanah adalah pilihan yang paling murah karena tidak memerlukan biaya material kecuali hanya ongkos untuk membuat galian.

Cara mengamankan agar bekicot tidak kabur juga dengan cara membuat parit berisi air disekelilingnya. Model ini sebenarnya lebih baik karena bekicot akan memperoleh tempat natural selayaknya di alam liar dengan kelembaban tanah yang baik untuk perkembangannya.

Pemilihan bibit dan calon induk bekicot

Mencari bibit bekicot sebenarnya bisa dilakukan sendiri dari alam pada saat sedang musimnya dengan ukuran sekitar 70 hingga 100 gram per ekor untuk yang siap menjadi indukan.

Namun untuk sekarang ini sudah banyak juga tersedia agen atau peternak yang menjual bibit anakan ataupun indukan yang sudah siap untuk di budidayakan dengan harga sekitar Rp.6000 perkilogram untuk indukan dan Rp.10.000 untuk anakan umur sebulan.

Bekicot biasanya akan bereproduksi pada usia enam hingga tujuh bulan pada tempat pemeliharaan yang sangat baik dengan bertelur antara 50 sampai 150 telur disembarang tempat.  Telur akan menetas semakin cepat jika lingkungan terjaga dengan baik mulai suhu sekitar 26C hingga 29C.

Pembesaran dan pemasaran hasil ternak bekicot

Setelah telur menetas dan usia anakan sekitar 7 sampai 15 hari maka harus dipindahkan pada lokasi tersendiri.

Pemberian makanan untuk bekicot bisa dipilihkan sayuran sisa sisa dari petani yang baru panen atau biasanya lebih banyak lagi dari pasar yaitu sayuran bekas sortir yang tidak laku terjual.

Menjaga kelembaban kandang bisa dengan cara disemprot dengan air pada pagi hari dan sore serta menjaganya dari paparan sinar matahari secara langsung.

Masa panen bekicot bisa dilakukan ketika telah memasuki umur 7 sampai 10 bulan karena pada usia ini ukuran bekicot tidak terlalu besar dan memiliki berat rata rata 70 gram yang mana dagingnya akan lebih empuk dan masih fresh.

Untuk pemasaran hasil panen bekicot saat ini hampir tidak pernah mengalami kesulitan dalam penjualannya karena permintaan konsumen yang semakin besar namun jumlah pemasok yang masih belum mampu untuk memenuhinya. Simak juga tentang Usaha sampingan dengan modal kecil.

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk menjadikan ternak bekicot sebagai salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan bahkan dengan modal yang relatif minim namun sangat potensial akan menghasilkan keuntungan besar karena melihat permintaan pasar yang masih belum cukup terpenuhi hingga sekarang ini.

Post by Dina Septika

loading...