Breaking Post
Home » Bisnis » Peluang Bisnis Sampingan Untuk Karyawan Kantor

Peluang Bisnis Sampingan Untuk Karyawan Kantor

peluang-usaha-bisnis-sampinganMencari peluang usaha dan bisnis sampingan bagi seorang karyawan kantor swasta ataupun pegawai pemerintah mungkin sudah bukan merupakan hal yang baru lagi. Mengingat bahwa setiap orang tentunya menginginkan untuk dapat memiliki sebuah usaha sendiri yang didalamnya bisa dengan leluasa untuk melakukan apapun bahkan bisa mengendalikan usahanya tanpa ada perintah dari seorang atasan.

Menjadi seorang karyawan tetap di sebuah perusahaan, baik besar ataupun kecil dengan standart pendapatan diatas UMK/UMR sebenarnya sudah dapat dikatakan memiliki penghasilan yang layak selain dengan ditunjang adanya berbagai layanan dan fasilitas seperti asuransi, jaminan kesehatan, hingga pemberian THR yang pasti.

Namun ada sebuah dilema yang tidak dapat dipungkiri bahwasannya sebaik apapun anda menjadi seorang karyawan, tetap saja akan ada keterbatasan waktu berkarir anda seperti masa pensiun atau yang lebih menakutkan jika terjadi resiko pemecatan karena sebuah kesalahan fatal yang telah anda lakukan.

loading...

Selain kedua alasan di atas, tentunya masih banyak lagi jawaban kenapa sebagai seorang karyawan tetap harus berfikir lebih cerdas dengan memanfaatkan peluang yang telah ada agar tidak selalu menggantungkan pendapatan dari gaji perusahaan.

Mencari ide untuk melakukan sebuah usaha bisnis sampingan yang dapat dikerjakan sembari menjalani aktifitas dikantor adalah salah satu cara untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu diluar kendali seorang karyawan yang berakibat terputusnya pundi pundi pemasukan (pendapatan).

Jenis Usaha dan Bisnis sampingan

Membahas tentang peluang usaha sampingan memang sangat luas dan ada banyak ragamnya tergantung dari tingkat kemampuan dan faktor pendukung lainnya yang anda miliki.

Jika pembahasan ini difokuskan khusus untuk seseorang yang memiliki aktifitas sebagai karyawan, maka untuk mendapatkan sebuah ide bisnis sampingan yang paling tepat adalah dengan memanfaatkan sesuatu yang ada disekitar anda, dengan catatan tidak menyita banyak waktu sehingga tugas dan pekerjaan utama anda tidak akan terganggu.

1.Manfaatkan Keterampilan Sebagai Usaha Sampingan

Setiap orang yang sudah mampu bekerja dan hidup dengan normal tentu tidak dapat lepas dari suatu keahlian serta keterampilan apapun itu tidak terbatas apakah keduanya dapat menjadi sebuah usaha sampingan yang bisa menguntungkan.

Akan tetapi cobalah untuk mengkaji ulang dan membuat beberapa daftar tentang apa saja yang merupakan keahlian serta keterampilan anda saat ini, selain hanya sebagai seorang karyawan yang bekerja sesuai dengan tugas serta patuh pada peraturan ketat perusahaan.

Berikut ini beberapa contoh yang mungkin saja akan dapat memberikan sebuah gambaran tentang peluang usaha sampingan yang cocok dan masih berhubungan dengan aktifitas seorang karyawan kantor.

A.Keahlian Menulis

Memiliki keahlian menulis tidak mengharuskan anda menjalani kerja sampingan sebagai seorang reporter (wartawan) karena mengingat anda masih memiliki tugas utama di kantor.

Setidaknya jika anda terampil dan ahli dalam menyusun kalimat dengan bahasa yang baik dan benar sehingga pembaca akan mudah memahami apa yang anda tuliskan, maka peluang usaha dalam bidang ini sangat terbuka lebar bagi anda disela sela aktifitas kantor dengan memanfaatkan fasilitas yang ada seperti komputer dan akses internetnya.

Banyak sekali dicari jasa seorang penulis artikel untuk membuat sebuah konten blog sesuai permintaan pemesan yang biasanya harus ditulis antara 500 hingga 1000 kata dengan harga kisaran Rp.10.000 per artikel untuk bahasa Indonesia.

Akan lebih menggiurkan lagi jika anda fasih dalam berbahasa Inggris beserta grammar nya karena artikel berbahasa Inggris memiliki nilai jual yang relative lebih tinggi yaitu antara Rp.15.000 hingga Rp.20.000. Coba hitung saja jika dalam sehari disela sela aktifitas kantor, anda dapat membuat 2 buah artikel layak jual, berapa hasil kerja sampingan anda selama satu bulan?

Untuk informasi tentang “peluang usaha sampingan” ini dalam arti jika anda hendak atau berminat ingin menjadi penulis artikel bisa dengan menghubungi admin blog ini atau dengan mencoba bergabung dalam forum online seperti ads.id, kaskus, kompasiana, bersosial dan masih banyak lagi.

B.Keahlian Membuat Desain Gambar

Demikian juga dengan keahlian menggambar desain ataupun rancangan gambar lainnya juga dapat menjadikan sebuah peluang usaha bisnis sampingan seorang karyawan kantor.

Memanfaatkan komputer kantor yang memiliki spesifikasi tinggi yang tentunya akan sangat mahal jika anda harus membelinya sendiri, maka anda akan memiliki bisnis sampingan nyaris tanpa modal.

Gambar yang anda buat bisa anda jual pada situs situs yang manjadi wadah jualbeli hasil karya desainer seperti dribbble.com.

C.Keterampilan Membuat Masakan Kue atau Makanan Ringan

Untuk kaum wanita yang berbakat dalam hal memasak dan membuat aneka kue dirumah, tentunya dapat memasarkan hasil karyanya dengan memposting pada situs jejaring sosial dan melayani pesanan secara online.

Disela sela pekerjaan kantor tentunya anda masih memiliki waktu untuk menggunakan fasilitas akses internet untuk membuka situs jejaring sosial dan memasarkan kreatifitas anda.

D.Makelar Online

Kesempatan bisnis apapun sekarang ini sudah banyak yang dapat dikerjakan melalui jaringan internet. Misalkan anda ingin menjual sebuah produk, baju, kaos atau barang lainnya yang notabene bukan milik anda sendiri, anda bisa mencobanya menawarkan melalui media online dengan system affiliasi.

Cara ini tidak jauh beda dengan istilah makelar yang mana hanya ikut mempromosikan kemudian mendapatkan prosentase dari sang pemiliki barang dagangan. Tentunya jenis pekerjaan ini akan dengan dapat mudah anda lakukan sembari menjalani aktifitas kantor anda ketika ada sedikit waktu luang.

2.Memanfaatkan Hobi Sebagai Peluang Usaha Bisnis Sampingan

Apapun hobi anda, jika merupakan sesuatu yang positif tentunya akan dapat anda jadikan sebuah usaha sampingan yang memiliki nilai atau profit bahkan bisa melebihi pendapatan utama anda dari gaji seorang karyawan kantor.

A.Hobi Membuat Video

Anda memiliki kamera professional ataupun sekedar hobi membuat video dengan menggunakan kamera ponsel, jangan pernah anggap remeh dibalik kebiasaan anda yang gemar dan doyan banget membuat atau merekam video.

Sebuah video yang anda hasilkan jika tidak mengandung unsur negative dan layak untuk dipublikasikan, bisa anda coba meng uploadnya pada situs youtube secara bebas dan tanpa biaya hanya memerlukan sebuah akun google saja. Sedangkan untuk biaya akses internet serta editing tentu saja bisa memanfaatkan fasilitas computer dan akses internet dari kantor anda bekerja.

Mungkin bagi anda yang masih awam tentu tidak akan memahami dari mana uang yang akan anda dapatkan dari situs youtube. Jika ada salah satu video anda yang berhasil memikat penonton hingga ribuan perhari, maka peluang untuk memperoleh penghasilan sampingan sudah ada didepan mata.

Sudah banyak para pelaku dunia online yang meraih penghasilan berlimpah dari hasil posting video mereka dengan cara memonetize nya melalui program periklanan milik google sendiri. Ingin tahu lebih tentang menghasilkan uang dari youtube anda bisa mencari informasinya di google dan sudah banyak sekali artikel yang membahas dan memberikan panduannya secara jelas.

B.Hobi Bermain Game dan Musik

Meskipun anda bukan seorang musisi atau ahli aplikasi game, kesempatan untuk meraih penghasilan dari bisnis sampingan ini adalah dengan membuat sebuah tulisan yang menceritakan atau menguak segala sesuatu tentang music dan game.

Intinya untuk usaha ini anda harus sudah memiliki keahlian mengelola sebuah situs web atau hanya sekedar blog gratisan.

Dalam dunia music, mungkin anda sekedar memahami tentang cord gitar, maka bisa saja anda menulis di blog tentang berbagai macam kunci lagu sehingga akan menjadi bahan rujukan mereka yang sedang mencari informasi mengenai hal ini.

Untuk bermain game, jika anda memiliki keahlian membuat atau menemukan kode  rahasia tentang game tertentu, anda bisa menjualnya pada mereka yang membutuhkan atau sekedar berbagi secara cuma cuma melalui blog yang anda kelola.

Lalu dari mana sumber penghasilannya? Kembali lagi pada sebuah program google yang memberikan penawaran pada setiap pemilik blog untuk bekerjasama dalam bidang iklan berbayar. Tentunya blog atau web yang anda kelola harus sudah memiliki pengunjung yang memadai dan layak untuk anda pasang iklan sehingga dapat memberikan penghasilan sampingan yang lumayan.

Bentuk peluang usaha dan bisnis sampingan yang lainnya sebenarnya masih sangat banyak dan tidak akan pernah ada habisnya. Kesemuanya itu hanya tinggal bagaimana cara anda menyikapi kesempatan yang ada, dan mampu memanfaatkan fasilitas yang tersedia selagi anda menjadi karyawan yang cerdas dan mau berusaha.

Post by Dina Septika

loading...