Breaking Post
Home » OTOMOTIF » Penyebab dan Antisipasinya Motor Matic Loyo di Tanjakan

Penyebab dan Antisipasinya Motor Matic Loyo di Tanjakan

Mengatasi motor matic loyo saat menanjakPenyebab masalah pada motor matic yang loyo saat menanjak sering kali dikeluhkan oleh para pengguna skutik khususnya Yamaha Fino, Mio J dan beberapa merek lainnya.

Permasalahan ini tidak boleh dibiarkan berlarut karena sudah pasti akan membawa dampak buruk pada kinerja motor apabila tidak segera memperoleh tindakan atau penanganan.

loading...

Mengatasi masalah tenaga motor matic loyo ditanjakan

Seorang mekanik bengkel resmi Yamaha yag ada di kota Malang, Jawa Timur, mengatakan bahwa persoalan yang dapat menyebabkan tenaga motor matic tiba tiba hilang atau loyo saat menanjak adalah pada vacuum karburator yang berhubungan dengan manifold.

Part ini memiliki fungsi seperti kran bahan bakar akan tetapi bekerja secara otomatis mengikuti hisapan silinder untuk mengalirkan bensin dari tanki menuju karburator.

Selang vacuum ini harus 100% kedap udara karena jika ada indikasi bocor sedikit saja maka hisapan yang terjadi tidak dapat optimal akhirnya aliran bahan bakar juga pasti tersendat.

Masalah pada komponen CVT

Berikutnya adalah untuk penyebab yang juga memicu tenaga motor matic menjadi loyo saat menanjak adalah pada bagian komponen CVT nya.

Didalam box CVT terdapat beberapa komponen seperti kampas ganda, mangkok ganda, v-belt, sama roller. Jika ada salah satu saja dari bagian-bagian tersebut mengalami aus, atau rusak maka sudah pasti pengaruhnya sangat besar pada tenaga motor.

Pada komponen CVT ini tidak akan pernah bisa direkayasa untuk dapat memberikan hasil optimal, jadi sebagai solusi final adalah dengan mengganti bagian yang sudah dinyatakan aus.

Harga kampas ganda sekitar Rp 270 ribu, Mangkuk ganda Rp 180 ribu, V-belt Rp 90 ribu, Roller Rp 115 ribu dan biaya servis yang dipatok biasanya kisaran antara 30 ribu sampai 50 ribu.

Untuk memperoleh komponen yang benar benar terjaga kualitasnya, diharapkan agar melakukan service serta perawatan pada bengkel resmi saja.

Selain itu, peralatan yang digunakan oleh para mekanik bengkel resmi tentunya akan lebih memenuhi standart teknis yang tidak akan merusak part lainnya tanpa perlu memaksakan perkakas yang tidak tepat peruntukannya.

Simak juga artikel menarik lainnya yaitu tips memperbaiki starter motor yang mati dan ulasan lainnya mengenai cara menghilangkan bunyi rem berisik.

Post by Dina Septika

Dina Septika