Breaking Post
Home » OTOMOTIF » Begini cara merawat motor matic injeksi tetap prima

Begini cara merawat motor matic injeksi tetap prima

Cara-merawat-motor-matic-injeksi

image by: www.matickita.com

Bagaimana cara merawat motor matic injeksi yang benar? Setiap motor memiliki spesifikasi yang tidak sama. Akan tetapi metode perawatan yang pada umumnya banyak dilakukan untuk menjaga agar kinerja mesin tetap dalam kondisi prima adalah, dengan mengikuti panduan pada buku perawatan dan servis berkala yang sudah ada.

Khususnya untuk jenis motor matic injeksi memang memerlukan penanganan yang sangat extra, mengingat perangkat injeksi yang sangat rentan karena menggunakan rangkaian elektronika yang lebih komplek dibandingkan dengan motor system karburasi. Pengeluaran sepeda motor sekarang sudah banyak yang menggunakan teknologi injeksi, baik itu motor matik, bebek atau motor sport. Tentu hal seperti ini akan membingungkan kamu tentang bagaimana cara merawat motor berteknologi injeksi itu.

loading...

Agar mesin motor matik kamu tetap awet, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk penanganan bagaimana merawat motor matik injeksi.

Pemanasan (Warm UP)
Biasakan melakukan pemanasan mesin sekitar 3-5 menit ketika meyalakannya untuk pertama kali setelah kondisi mesin diam (Off) dalam waktu kurang lebih 12 jam. Upayakan untuk melakukan starting mesin menggunakan kick starter khususnya pada saat kondisi mesin benar benar dingin. Hal ini akan membuat aki anda lebih awet karena, kebiasaan menyalakan mesin dengan elektrik starter apalagi jika posisi mesin dingin, akan menguras banyak supply daya aki.

Menjaga putaran GAS
Mengendarai motor matic injeksi akan terasa kurang ber akselerasi di bandingkan dengan motor manual system karburator. Oleh karena itu mencari putaran mesin yang tepat untuk melakukan speed up ataupun speed down putaran gas tidak bisa dilakukan secara mendadak.

Rutin Mengganti Oli
Mengganti OLI secara berkala baik untuk mesin dan gear box harus di jadwalkan sesuai dengan ketentuan standart yang di sarankan oleh pabrikan. Jika anda memang terlalu sibuk dan durasi berkendara anda sangat tinggi, akan lebih baik jika melakukan penggantian oli lebih awal misalkan setiap 1000KM untuk oli mesin dan 5000KM untuk gear box..

Periksa Busi Dan Aki
Memeriksa kondisi busi adalah untuk mengetahui kualitas pengapian mesin. Jika kepala busi menunjukkan bekas pembakaran yang kering dan bersih, menandakan bahwa pengapian masih sempurna. Akan tetapi apabila anda mendapati kepala busi berwarna gelap, gosong, ataupun basah, tandanya pengapian sudah tidak maximal dan busi akan mati. Gantilah dengan spare part (suku cadang) yang original untuk mendapatkan kualitas standart.

Untuk perawatan aki, saat ini kebanyakan dari semua jenis motor matic injeksi telah mengaplikasikan jenis aki kering. Untuk itu, perawatan yang perlu diterapkan hanyalah sebatas menjaga kebersihan aki meliputi sel (konektor) dan badan aki agar tidak ada induksi yang bisa mengakibatkan konsleting. Baca: Memperbaiki aki kering yang sudah mati.

Ganti Oli Shockbreaker
Karena motor matik menggunakan single shockbreaker, sebaiknya pilihlah shockbreaker yang berkualitas baik. Selain itu, Anda juga harus mengganti oli secara berkala setiap 10.000 km. Kondisi shockbreaker yang baik akan membuat stabilitas kendaraan selalu terjaga ketika sedang melakukan maneuver baik kecepatan rendah atau tinggi. <biker>.

Post by Dina Septika