Breaking Post
Home » OTOMOTIF » Pentingnya merawat aki untuk motor bermesin sistem injeksi

Pentingnya merawat aki untuk motor bermesin sistem injeksi

Merawat-aki-motor-injeksiPernahkah anda mengalami motor mogok? Penyebabnya memang sangat beragam bahkan dari sesuatu yang kecil hingga yang paling fatal bisa saja menjadi penyebab mesin motor anda mogok secara tiba tiba. Kali ini kita akan mengulas tentang mesin yang tidak mau hidup karena mengalami masalah pada jalur kelistrikannya atau istilah umumnya adalah kehilangan setrum.

Untuk type mesin dengan system karburator secara teknis akan mudah saja. Untuk melihat apakah ada daya listrik yang mengalir menuju busi yaitu dengan cara memutar mesin menggunakan kick starter atau dengan cara mendorong motor posisi gigi transmisi ke 2 agar lebih ringan. Cara ini sudah sangat popular dan sering kali berhasil jika kondisi kelistrikan masih normal dan supply bahan bakar juga lancar.

loading...

Jika anda adalah pemilik motor dengan system injeksi, cara seperti di atas akan sulit sekali anda lakukan bahkan akan berakhir sia sia anda membuang tenaga. Pada era sekarang ini yang semakin berupaya meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar serta teknologi ramah lingkungan, kebanyakan type atau varian motor baru selalu mengaplikasikan system injeksi pada kelistrikannya.

Motor injeksi sudah sangat dikenal dengan irit bahan bakar dan mudah sekali dinyalakan. Didukung dengan komponen sensor elektronik yang sangat presisi dan sensitive, sebisa mungkin agar bisa menjaga jalur supply daya listrik tetap pada kondisi normal dan sehat.

Jika kedapatan mogok secara tiba tiba, mesin motor injeksi tidak bisa di paksa dengan cara mendorong ataupun secara terus menerus. Langkah pertama yang harus anda periksa adalah kondisi aki masih dapat memberikan setrum atau sudah benar benar drop.  Karena mesin injeksi menggunakan pompa elektrik untuk menyuply bahan bakar, maka secara teknis jika aki tekor maupun soak sudah barang tentu tidak akan bisa dipaksa untuk memutar mesin dengan cara apapaun.

Pastikan indicator pada panel dashboard menunjukkan kondisi lampu aki masih mampu menyala. Kemudian gunakan kick starter sampai beberapa kali supaya aki dapat terisi. Jika memang status aki masih baik, motor pasti akan mampu hidup kembali. Akan tetapi jika lampu indicator sudah redup, bisa dipastikan aki sudah mengalami soak atau hampir mati dan hanya dengan penggantian aki baru solusi utama nya.

Baik aki basah maupun aki kering untuk motor injeksi sangat perlu mendapatkan perhatian lebih. Setidaknya melakukan pemeriksaan tegangan secara berkala apakah masih normal ataukah sudah mengalami penurunan. Hal ini untuk mengantisipasi supaya dalam perjalanan tidak akan terjadi masalah yang menyulitkan. Perawatan aki kering maupun aki basah juga sangat di ajurkan untuk menjaga kinerja serta daya tahan aki bisa menjadi lebih lama.

Post by Dina Septika

Dina Septika