Breaking Post
Home » Architect » Menjaga Kesegaran Dapur Lebih Sehat dan Bebas Kuman

Menjaga Kesegaran Dapur Lebih Sehat dan Bebas Kuman

Membuat-Dapur-Bersih-dan-SehatSering mengalami masalah dapur kotor dan mengeluarkan bau yang tidak sedap? Selain mengganggu kesehatan, tentu saja akan menimbulkan dampak yang kurang baik untuk psikologis penghuni rumah. Untuk menghindari hal hal buruk yang berhubungan dengan kesehatan keluarga, maka simak tips berikut ini tentang menjaga kesegaran dapur anda.

Dapur bisa dikatakan sebagai jantung dari sebuah rumah dan biasanya dijadikan titik kesehatan rumah ketika dilakukan penilaian terhadapnya. Ruangan inilah dimana makanan diolah dan dihidangkan untuk keluarga kita. Anda bisa bayangkan apabila jika dapur kotor, berantakan, dan tak terawat. Mungkin, makanan yang dihidangkan akan menjadi tidak higienis. Terlebih lagi akan membuat Anda pasti malas berlama-lama di dapur.

loading...

Tidak hanya itu saja, dapur juga merupakan salah satu tempat yang paling lembap dan kotor (saat digunakan) di dalam rumah. Oleh karena itu setelah memasak, kita harus segera membersihkan semua peralatan dan kabinet yg telah kita pakai. Hal ini kita lakukan untuk menghindari pengendapan lemak yang akan mengakibatkan bau yang tidak sedap di dalam ruangan. Dampaknya, tikus, kecoa, dan lalat bisa berpotensi datang ke ruangan.

Menjaga dapur tetap dalam keadaan segar dan bersih adalah solusi untuk menghindari segala hal buruk pemicu timbulnya masalah kesehatan keluarga. Selain itu dapur juga menentukan mood bagi penghuni rumah untuk dapat selalu berkreasi menyajikan hidangan yang sehat untuk keluarga.

Berikut ini adalah Tips Menjaga Kesegaran Dapur :

  1. Mempunyai Ventilasi yang Baik

Sebenarnya tak hanya dapur saja yang memerlukan ventilasi yang baik, seluruh ruangan rumah yang sehat memerlukan ventilasi untuk memberikan sirkulasi udara segar dan alami. Selain itu sinar matahari yang dapat masuk kedalam ruangan juga dapat mematikan pertumbuhan kuman serta mengurangi kelembaban.

  1. Memasang Cooker hood (Penyedot Asap)

Menjaga kesegaran udara di ruang dapur juga bisa dilakukan dengan memasang unit cooker hood dibagian atas kompor. Dengan begitu, asap buangan ketika kegiatan memasak berlangsung akan langsung dihisap dan tidak menyebar ke seluruh ruang dalam. Cooker hood mampu menyedot sekurang-kurangnya 70% dari asap buangan, tergantung pada daya hisapnya. Hal ini sangat membantu terutama jika dipasang di ruang yang sulit untuk membuat ventilasi.

  1. Menyimpan Bahan Makanan

Hama tidak hanya tertarik dengan bau yang tak sedap saja. Hama seperti tikus seringkali juga tertarik dengan bau dari bahan makanan segar. Jika sudah seperti ini, simpanlah bahan makanan di tempat yang tertutup rapat terutama bahan makanan yang memiliki bau tajam seperti bawang. Anda bisa menyediakan lemari khusus dan atau toples untuk menyimpannya. Dengan begitu, dapur akan tetap segar tanpa gangguan hama!

  1. Menempatkan Wadah Sampah

Tips menjadikan dapur tetap segar selanjutnya adalah penempatan tempat sampah yg tepat. Akan lebih baik apabila untuk penempatan tempat sampah ini diposisikan di luar area dapur. Namun bila anda memiliki hunian yg terbatas seperti apartemen misalnya, tempatkan tempat sampah dekat dengan area persiapan. Tempat sampah juga harus tertutup rapat. Bila agak terbuka, bau sampah akan masuk ke ruang dan akan mengundang lalat dan tikus masuk ke dalam dapur. Simak juga tentang Membersihkan noda keramik kusam dengan mudah.

Bagaimana, sudahkah anda memperhatikan kebersihan dapur anda? Membiasakan dan segera membersihkan dapur setelah selesai digunakan akan membatasi pertumbuhan kuman dan datangnya segala macam binatang kecil yang dapat membawa sumber masalah bagi kesehatan keluarga anda.

Post by Dina Septika

Dina Septika