Breaking Post
Home » Fun » Tips » 4 Cara Ampuh Mengusir Tikus Dari Rumah Dengan Aman dan Efektif

4 Cara Ampuh Mengusir Tikus Dari Rumah Dengan Aman dan Efektif

Cara membasmi mengusir tikus dengan mudahBeberapa cara ampuh mengusir tikus dari rumah sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan memiliki prosentase keberhasilan yang tinggi.

Memang sangat menjengkelkan kalau di dalam rumah sering terlihat berkeliaran binatang yang satu ini, apalagi jika sampai ke meja makan bahkan mengacak acak dapur.

loading...

Selain membawa kuman, tentu saja akan merusak kenyamanan karena di saat kita sedang istirahat tidur, kelompok pengerat ini sangat berisik dengan kegiatannya.

Cara yang paling sering dilakukan oleh orang pada umumnya ketika merasa terusik kehadiran si tikus ini adalah, memasang perangkap, member umpan beracun, dan menggunakan alat pengusir tikus.

Metode seperti itu mungkin saja bekerja secara efektif namun bukan berarti tidak memiliki kelemahan. Sebagai contoh, penggunaan racun tikus akan sangat beresiko jika berkontaminasi dengan makanan lain, atau secara tidak sengaja juga termakan oleh bianatang piaraan.

Memasang jebakan tikus juga terlalu repot ketika telah mendapatkan sasaran, akan sangat menjijikkan harus membuang bangkai atau mesti bersentuhan dengan alat yang telah bau. Sedangkan penggunaan alat elektrik pengusir tikus, bisa jadi akan berpengaruh terhadap makhluk hidup yang lain bahkan manusia karena memakai suara frequency tinggi maupun radiasi.

Cara Membasmi Tikus di Rumah Dengan Mudah

Berikut ini adalah tips sederhana yang bisa anda coba sebagai metode pembasmi tikus dan bisa dipastikan aman serta efektif.

  • Pelihara Kucing. Memelihara kucing di rumah terutama pilihlah jenis kucing yang lincah dan bukan kucing hias yang manja dan malas. Kalau bisa adopsi saja kucing liar yang ada di pasar biasanya akan sangat handal dalam berburu tikus karena sudah naluri dari lingkungannya untuk bermusuhan serta menjadikan tikus sebagai mangsa.
  • Jangkrik. Kalau anda bisa memilih jenis jangkrik kalung, yaitu jangkrik yang bisa me-ngerik (berbunyi nyaring) akan sangat efektif untuk mengusir tikus. Letakkan pada sebuah wadah jangan lupa di kasi makanan, daun sayur, jagung muda, atau mentimun agar jangrik bertahan hidup. Ketika suasana sunyi adalah saat yang di sukai tikus untuk gerilya melakukan pencurian, si jangkrik akan berbunyi dan otomatis tikus akan terganggu selanjutnya akan pergi secara alami.
  • Buah Mengkudu. Ambil beberapa buah mengkudu kemudian potonglah menjadi bagian bagian kecil. Pastikan anda mengetahui jalan atau tempat yang sering dilalui si tikus, selanjutnya letakkan potongan buah mengkudu tadi pada tempat yang telah menjadi target sasaran. Aroma menyengat dari buah mengkudu secara alami akan mengganggu penciuman tikus dan membuat mereka tidak betah tinggal di sekitarnya.
  • Kapur Barus. Hancurkan beberapa biji kapur barus sebarkan dimana tikus sering melewati jalan masuknya. Karena sebenarnya tikus itu melakukan penjelajahan memahami area ruangan rumah sedikit demi sedikit sampai mereka benar benar menguasai daerahnya. Cara ini bekerja karena tikus sangat tidak menyukai aroma wangi kapur barus.
  • Minyak Mint. Sudah tahu kan apa itu mint cair, yaitu serupa minyak kayu putih dan sejenisnya yang bisa menimbulkan bau mint. Caranya adalah sama dengan yang sebelumnya dengan meletakkan kertas karton yang telah anda olesi minyak mint, kemudian taruh di area yang biasa dijangkau oleh binatang pencuri ini.

Terakhir sebagai tips cara paling jitu mengusir tikus adalah dengan menangkap salah satu binatang ini hidup hidup kemudian bisa anda lakukan beberapa hal berikut ini dengan catatan anda sudah tega dan cukup nyali untuk mengerjakannya yaitu:

Warnai dengan cat mencolok yang permanent pada badan tikus yang tertangkap kemudian lepaskan kembali. Dengan ini tikus akan kembali pada kawanannya dan secara otomatis akan membuat sodaranya ketakutan bahkan menjahui nya.

Potong ekor tikus sampai habis kemudian juga dilepaskan dalam keadaan hidup. Cara seperti ini akan menjadikan tikus tersebut trauma berat sampai stress tingkat tinggi, sehingga akan pergi jauh beserta kru dan koloninya.

Mengusir tikus yang paling unik namun sangat ampuh adalah dengan memasangkan anting ataupun kalung pada telinga serta lehernya memakai bahan yang anti di gigit tikus. Usahakan benda yang disematkan pada badan tikus ini bisa menghasilkan bunyi berisik.

Cara Ini terbukti ampuh karena musuh si tom ini akan menjadi tikus stress yang akhirnya mengusik kawanannya sendiri, bahkan akan lari sejauh jauhnya tak tau lagi arah untuk berhenti. Selamat mencoba. Simak juga tips menarik tentang cara menjaga kebersihan dapur bebas dari kuman.

Post by Dina Septika

Dina Septika