Breaking Post
Home » Bisnis » Menghindari Jeratan Hutang Tagihan Kartu Kredit

Menghindari Jeratan Hutang Tagihan Kartu Kredit

Menghindari-tagihan-hutang-kartu-kreditBerbagai macam kemudahan kartu kredit yang ditawarkan membuat banyak orang tertarik. Jika dapat menggunakannya dengan tepat, memiliki kartu kredit memang sangat membantu. Namun jika sampai kurang memperhatikan dan kurang berhati hati, anda akan terjebak dengan masalah hutang yang membengkak.

Kartu kredit memang terbukti sangat membantu ketika dalam masalah keuangan atau situasi dana yang darurat. Dalam hal ini seseorang terkadang banyak yang lalai dan kesulitan untuk mencegah kebiasaan menggesek kartu kredit untuk urusan belanja yang pada akhirnya muncul masalah serius dikemudian hari.

Kebanyakan dari para pemegang kartu kredit akan mendapati persoalan ketika telah mencapai jatuh tempo tagihan. Pada saat memperoleh tagihan yang cukup besar dan belum dapat membayarnya, penundaan pelunasan tetap bisa dilakukan dengan konsekuensi harus membayar sejumlah bunga atas tagihan yang harus di bayar.

loading...

Ada beberapa orang yang memiliki cara mengatasi tagihan kartu kredit yang membengkak dengan melakukan tindakan yang justru akan memperburuk keadaan. Misalnya dengan membuka aplikasi kartu kredit kedua dari penerbit yang lain hanya untuk melunasi tagihan. Hal ini sepintas bisa mengatasi masalah dengan cepat, namun sesungguhnya pengguna kartu kredit tersebut adalah menggali lubang lain hanya untuk menutup lubang yang lama. Artinya, siap siaplah anda akan tetap terjerat dengan hutang kartu kredit di depan mata.

Kondisi keuangan yang semakin terpuruk karena masalah tagihan kartu kredit sebenarnya terjadi karena sikap yang kurang benar dalam menggunakan kartu kredit itu sendiri. Pihak bank penerbit kartu kredit memberikan kemudahan bukan untuk mengambil dana dari rekening pemilik, akan tetapi pihak bank memberikan pinjaman yang prosesnya hanya dibuat lebih mudah. Inilah yang sebenarnya harus dipahami oleh pemegang kartu kredit.

Keuntungan memiliki kartu kredit memang membuat hidup menjadi lebih mudah jika mampu menggunakannya dengan benar. Pemegang kartu kredit tidak akan dikenakan bunga jika sanggup membayar tagihan hingga lunas sebelum waktu jatuh tempo.

Kemudahan lain memiliki kartu kredit adalah ketika ketersediaan dana tunai sedang tidak mencukupi namun tetap bisa dengan mudah membuat transaksi pembayaran. Jika pihak bank penerbit kartu kredit telah bekerja sama dengan beberapa merchant untuk memberikan diskon khusus dengan pembayaran kartu kredit, itulah keuntungan lain memiliki kartu kredit.

Cara paling ampuh menghindari tagihan kartu kredit yang membengkak adalah dengan manajemen keuangan yang baik oleh anda sendiri. Janganlah terbiasa mengandalkan kartu kredit hanya untuk membuat pembayaran yang sebenarnya bisa anda cicil, seperti untuk membayar kredit mobil, motor maupun berurusan dengan pihak finance.

Keperluan belanja sehari hari meliputi kebutuhan pokok sebaiknya anda usahakan untuk membayarnya secara tunai. Jangan anda mudah tertarik dengan tawaran diskon belanja yang mengharuskan menggesek kartu kredit.

Gunakan kartu kredit ketika hanya dalam situasi darurat, misalnya dalam perjalanan luar kota, dengan tidak membawa uang tunai dengan alasan demi keamanan. Kondisi darurat lainnya ketika masalah pengobatan keluarga dan harus segera dilakukan tindakan perawatan sementara dana tunai anda masih belum tersedia.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi pemilik kartu kredit ataupun ketika anda sedang berencana ingin mengajukan aplikasi kartu kredit, agar anda bisa lebih berhati hati dan lebih bijak dalam penggunaanya. Selalu ingat bahwa dibalik kemudahannya, ada bahaya yang mengintai. Manajemen serta sikap yang baik dalam memanfaatkan kemudahan yang diberikan oleh bank, akan membuat anda mudah menghindari jeratan hutang tagihan kartu kredit.

Post by Dina Septika

loading...