Breaking Post
Home » OTOMOTIF » Cara menghidupkan mesin motor saat kehilangan kunci kontak

Cara menghidupkan mesin motor saat kehilangan kunci kontak

Hidupkan-motor-tanpa-kontakTips menghidupkan atau menyalakan mesin motor pada saat kehilangan atau lupa dimana kunci kontak ini bukan bermaksud untuk mengajarkan hal hal yang mengarah pada kejahatan. Namun lebih pada sebuah pembelajaran yang mana dapat anda jadikan tindakan darurat sebelum anda mendapatkan bantuan ahli kunci atau bengkel motor.

Jika selama ini kita banyak mendengarkan berita tentang bagaimana cara para pelaku tindak pencurian kendaraan bermotor selalu menggunakan kunci “T” untuk melancarkan aksinya, meskipun hal ini bisa berhasil namun akan menjadikan komponen kunci kontak motor rusak fatal bahkan akan sulit untuk diperbaiki. Simak juga tentang Cara merawat motor matic injeksi.

loading...

Lalu, bagaimana cara menyalakan mesin tanpa kunci kontak?

Caranya akan sangat mudah dengan catatan jika kunci kontak tidak dalam posisi lock (mengunci stang kemudi) melainkan hanya posisi off. Bukan berarti jika sedang posisi lock mesin tidak bisa menyala, ini tidak ada hubungannya dengan penyalaan mesin namun tentu motor tidak akan dapat anda kendarai meskipun mesin sudah bisa anda hidupkan.

Untuk memulainya anda harus memastikan bahwa cover bodi yang menutupi bagian soket kabel kunci kontak harus sudah terbuka.

Selanjutnya temukan soket penghubung yang biasanya hanya berjarak beberapa centi meter dari induk kunci kontak kemudian ada beberapa hal yang harus anda lakukan dengan soket kabel ini yaitu.

  • Untuk motor jenis Honda, anda harus mengamati jalur kabel yang berwarna hitam kombinasi putih dan satu lagi kabel berwarna hitam dengan kombinasi merah. Kemudian lepaskan soket, siapkan sebuah kawat yang dapat dimasukkan kedalam soket untuk melakukan jumper kedua kabel tersebut. Lihat indicator lampu jika sudah menyala artinya mesin siap untuk dihidupkan.
  • Motor Yamaha memiliki cara yang sedikit berbeda. Pertama tetap temukan soket penghubung kabel lalu cabut soketnya. Biasanya lampu indikator tidak menyala namun kelistrikan untuk mesin mulai dari spul hingga cdi dan coil akan berfungsi setelah soket terlepas. Artinya mesin akan dapat dihidupkan meskipun lampu, klakson serta indicator lainnya tidak menyala. Dan untuk mematikan mesin, temukan kabel dengan warna hitam total dan kabel warna hitam kombinasi putih. Jumper dengan kawat pada soket untuk kedua kabel tersebut maka mesin akan mati. Baca juga tentang Cara merawat cat motor tetap kinclong.

Tindakan di atas boleh anda lakukan jika anda yakin dan mampu untuk melakukannya sendiri dan hanya bersifat untuk memberikan pertolongan saat darurat saja. Jika kurang yakin, maka lebih baik anda serahkan saja pada ahlinya agar tidak berakibat lebih fatal.

Post by Dina Septika

Dina Septika