Breaking Post
Home » Health » Diet » Solusi untuk mengatasi susah atau BAB tidak lancar

Solusi untuk mengatasi susah atau BAB tidak lancar

Buang air besar adalah suatu reflek gerak peristaltic usus yang disertai relaksasi otot sfingter a*nus bagian dalam dan luar, dan dikendalikan secara sadar oleh otot a*nus bagian luar sehingga menimbulkan defekasi atau keinginan untuk buang air besar. Gangguan susah saat buang air besar atau BAB tidak lancar sering juga disebut sembelit.

Sembelit (konstipasi) merupakan sebuah gangguan pembuangan kotoran yang bisa di alami oleh seseorang karena berbagai macam sebab. Sembelit terjadi karena lemahnya gerakan usus ketika mendorong t*inja keluar. Dalam kondisi normal, orang akan buang air besar sehari antara 1-2 kali. Sedangkan pada keadaan sembelit, orang akan sulit atau jarang buang air besar selama 3 hari berturut turut.

loading...

Sembelit-susah-BAB-tidak-lancarGejala paling umum yang di alamai oleh penderita sembelit adalah sering kali perut terasa penuh, kembung dan sangat tidak nyaman. Kadang kadang juga merasakan tegang pada daerah sekitar perut. Ketika berusaha melakukan BAB, penderita sering mengejan namun sulit mengeluarkan t*inja, meskipun keluar hanya kecil kecil, keras, kering biasanya juga disertai dengan rasa nyeri.

Penyebab sembelit dapat terjadi oleh berbagai hal. Dan yang paling sering di antaranya adalah faktor-faktor yang menghambat kerja usus seperti kurangnya olahraga, kurang asupan cairan, kurang asupan makanan berserat, depresi/stress, kehamilan, terlalu sering menunda BAB dan penggunaan obat obatan tertentu.

Beberapa penyakit juga dapat mengakibatkan sembelit seperti diabetes, lambung, juga penyakit infeksi demam tifoid atau yang sering disebut oleh orang awam sebagai penyakit tipes. Rasa nyeri pada d*ubur karena ambient (wasir) juga bisa memicu sembelit karena si penderita khawatir merasakan nyeri bila melakukan BAB sehingga lebih memilih menahan atau menundanya. Akibatnya, t*inja akan semakin keras dan menjadikan sulit untuk keluar.

Sedangkan di antara penyakit berat seperti radang usus, kanker usus, tumor di luar dinding usus cenderung akan menimbulkan hambatan mekanisme pada usus, yang akan berdampak pada munculnya sembelit.

Penanganan atau mengatasi sembelit tentu saja harus disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Menjaga kesehatan, rajin berolahraga, konsumsi air yang cukup, memperbanyak asupan makanan berserat bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya sembelit.  Hindari kebiasaan menunda BAB sampai lebih dari sehari.

Akan lebih aman bila anda berkonsultasi dengan dokter spesialis jika sembelit yang anda rasakan menjadi lebih sakit dan sering terjadi.  Terdapat darah pada t*inja serta berwarna gelap merupakan indikasi bahwa anda sedang mengalami masalah yang perlu segera anda atasi.

Post by Dina Septika

Dina Septika