Breaking Post
Home » OTOMOTIF » Mengatasi Motor Mogok Di Perjalanan (Pertolongan Pertama)

Mengatasi Motor Mogok Di Perjalanan (Pertolongan Pertama)

Mengatasi-Motor-MogokPertolongan pertama ketika mengalami motor macet diperjalanan sebenarnya harus ditangani sendiri sebisa mungkin sebelum memutuskan untuk mendorongnya menuju lokasi bengkel terdekat. Coba betapa susahnya kalau macet di derah sepi penduduk, tentu saja akan kesulitan jika ingin segera mendapatkan bengkel.

Cara mengatasi permasalahan ini khusus untuk menangani kerusakan yang bersifat tidak permanen atau fatal seperti kerusakan fisik spare part.  Jadi artinya pertolongan ini hanya dapat memberikan solusi dan mencari penyebab motor macet serta penanganan sementara supaya dapat melanjutkan perjalanan hingga menemukan tempat perbaikan.

loading...

Langkah Tepat Mengatasi Mesin Macet di Jalan

Beberapa tips berikut ini adalah langkah dan upaya pertolongan pertama ketika kamu mengalami mesin motor tiba tiba mati di jalan.

Periksa Bahan Bakar

Ini adalah langkah pertama sebelum kamu bertindak lebih lanjut karena untuk memastikan ketersediaan bensin di dalam tangki apakah masih mencukupi.

Walaupun motor masih baru tetap saja ada kemungkinan control indicator bahan bakar mengalami error sehingga kamu tidak menyadari bahwa stok BBM di tangki sudah minim. Kalau memang kosong maka tidak ada pilihan lain kecuali harus menemukan penjual bensin dan pastikan kamu membawa uang untuk membayarnya.

Lalu berlanjut pada karburator apakah bahan bakar dapat mencapai komponen ini dengan mencoba membuka saluran buang (tap) memakai obeng dan putar ke kiri sehingga ada aliran bensin yang keluar. Jika tidak ada aliran bensin, maka ada kemungkinan saluran bahan bakar tersumbat.

Pengapian Busi

Jika bensin tersedia selanjutnya memerikas kondisi pengapian, copot busi dari blok mesin dan pasangkan cop lalu dekatkan pada logam sekitar blok mesin kemudian hidupkan starter. Jika terdapat percikan api artinya kelistrikan masih bagus. Dan bersihkan busi jika terdapat tanda tanda basah maupun kerak untuk membantu kelistrikan semakin lancar.

Tidak ada api listrik. Kalau tidak muncul gelaja percikan api pada busi, maka pemeriksaan berlanjut pada koil, lepaskan cop busi dan dekatkan pada logam body motor pastikan ada percikan api ketika di starter.

Jika ada api maka dapat dipastikan hanya busi yang bermasalah atau mugkin hanya cop businya, maka bisa di coba menyambungkan kabel busi tanpa cop untuk mencoba starter.

Kalau sampai pada tahap pemeriksaan koil tidak dapat mengeluarkan percikan api, ini sudah merupakan kerusakan fatal yaitu CDI atau SPUL dan tentunya tidak akan ada pertolongan kecuali harus ke bengkel yang menyediakan spare part pengganti.

Setidaknya dua usaha di atas adalah cara untuk mencoba menangani kondisi darurat di perjalanan dan mengurangi kepanikan. Karena tidak jarang rasa panik justru membuat kamu semakin memperburuk keadaan meskipun sesungguhnya cukup mudah untuk di selesaikan.

Post by Dina Septika

Dina Septika