Breaking Post
Home » Fun » Tips » Tips cara mencuci – membersihkan jaket kulit

Tips cara mencuci – membersihkan jaket kulit

cara-mencuci-jaket-kulit-yang-benarTips mencuci atau cara membersihkan jaket kulit berikut bisa anda terapkan untuk berhemat meskipun saat ini sudah banyak jasa tempat cuci khusus jaket yang bisa anda pilih dengan tarif yang relatif murah. Namun apa salahnya jika anda mencoba untuk mencuci jaket kesayangan anda sendiri. Jaket kulit merupakan salah satu pakaian yang bukan bukan hanya sebagai baju yang dipakai untuk menghangatkan badan dari udara dingin, akan tetapi saat ini telah menjadi salah satu trend fashion yang digunakan untuk tampil beda dan bergaya.

Memiliki jaket kulit harus bisa memberikan perawatan yang baik guna untuk mempertahankan kualitas dan ketahanan umur pakainya. Keluhan yang seringkali ditemukan pada jenis jaket kulit biasanya adalah soal warna yang memudar, aroma kurang sedap, dan jamuran.

Satu hal lagi perlu diketahui bahwa jaket kulit yang sudah lama akan memiliki kerutan dan lipatan lipatan pada permukaannya. Hal ini dikarenakan tekstur bahan kulitnya mengalami proses penuaan karena usia. Apalagi jika kondisi jaket berada pada iklim yang kering sehingga mengakibatkan pengerasan terhadap tekstur nya dan menjadikan jaket tidak lembut lagi alias mengeras dan kaku. Tentu saja dengan kondisi seperti ini akan membuat anda tidak nyaman untuk memakainya bukan? Berikut ini adalah tips cara merawat dan mencuci jaket kulit agar selalu dalam kondisi yang baik.

loading...
  • Pertama, Anda perlu melakukan uji warna terlebih dahulu untuk mengetahui apakah wana jaket anda bisa luntur atau masih kuat yaitu dengan cara menggunakan kain putih yang telah dibasahi terlebih dahulu dengan air, kemudian anda mulai mencoba menggosok permukaan jaket. Jika ada noda yang melekat pada kain artinya warna jaket anda sudah mulai luntur dan tidak bisa sembarangan di cuci.
  • Kedua, Jangan pernah anda mencuci jaket kulit dengan menggunakan mesin cuci karena akan membuat textur kulitnya rusak dan lama kelamaan akan mudah terkoyak. Gunakan air dingin yang bersih dari zat pemutih maupun deterjen yang keras atau panas di tangan. Jika terdapat noda yang membandel, gunakan sikat yang lembut dan fokuskan hanya pada bagian yang paling banyak terdapat noda dan pastikan menggunakan sabun anti noda yang juga bersahabat dengan warna.
  • Ketiga, Proses pengeringan jaket kulit akan lebih baik jika tidak langsung terpapar dengan sinar matahari langsung untuk menjaga kualitas warna menjadi lebih awet. Selain itu juga berfungsi untuk menghindari perubahan tekstur jaket kulit yang akan mengeras jika terkena udara panas berlebihan.

Perawatan dan membersihkan jaket kulit

Untuk mendapatkan kondisi jaket kulit selalu dalam keadaan baik juga tetap memerlukan perawatan dalam sehari harinya bukan hanya sekedar dipakai kotor lalu di cuci saja. Perawatan terhadap jenis jaket kulit meliputi penggunaan serta cara penyimpanan yang tepat di antaranya:

Simpanlah jaket kulit di tempat yang mempunyai suhu kamar yaitu tidak lembab/kering tapi pertukaran udaranya cukup. Jangan membiasakan menyimpan jaket di dalam lemari dengan cara dilipat. Akan lebih bagus jika menggunakan gantungan agar bentuk jaket kulit tetappada posisinya dan mengurangi timbulnya kerutan kerutan pada permukaan.

Dalam pemakaian sehari hari bisa dioleskan lotion khusus untuk jaket kulit yang juga bisanya digunakan untuk mengkilapkan tas kulit maupun sofa kulit. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelenturan tekstur kulitnya. Pemberian lotion bisa anda lakukan setidaknya dua minggu sekali jika jaket sering anda pakai.

Masalah aroma kurang sedap yang sering timbul pada masalah jaket kulit adalah disebabkan karena munculnya jamur yang terkadang tidak tampak jelas terlihat secara langsung kasat mata. Oleh karena itu tips mencuci dan merawat jaket kulit ini akan memberikan solusi jika jaket kulit anda mulai diserang bau tidak nyaman. Selamat mencoba.

Post by Dina Septika

loading...