Breaking Post
Home » OTOMOTIF » Memperbaiki Starter Motor Yang Rusak Atau Mati

Memperbaiki Starter Motor Yang Rusak Atau Mati

Memperbaiki-elektrik-dinamo-starter-motorIngin tau cara memperbaiki sendiri starter motor yang rusak atau mati sebenarnya bisa kamu lakukan jika kamu memiliki keberanian untuk mencobanya. Jika sepeda motor kamu masih dilengkapi dengan kick starter, mungkin kerusakan electric starter tidak terlalu menjadikanmu pusing ketika hendak menyalakan mesin. Namun beberapa motor keluaran terbaru saat ini ada yang tidak dilengkapi dengan kick starter, maka merawat dan memperbaiki electric starter adalah mutlak dilakukan daripada kamu mendorong motor hanya untuk menghidupkan mesin.

Untuk dapat mengetahui kerusakan electric starter, kamu harus dapat mengetahui gejala awal  timbulnya permasalahan terlebih dahulu. Pada umumnya ada empat komponen yang berhubungan dengan masalah electric starter dan penanganannya yaitu:

loading...

Langkah Pemeriksaan Memperbaiki Starter Motor

  1. Aki atau Baterai

Baterai merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah sepeda motor, karena komponen ini sebagai sumber arus kelistrikan motor salah satunya untuk sistem starter. Jika saat tombol starter ditekan namun motor starter atau dinamo starter diam alias tidak mau berputar maka pertama kali yang harus dicek adalah sumbernya yakni baterai. Gunakan multimeter atau avo meter dan periksa tegangan baterai. Tegangan baterai yang baik adalah tidak kurang dari 12 volt. Jika kurang maka ada dua kemungkinan yakni sistem pengisian yang bermasalah atau memang baterai sudah rusak.

  1. Kabel Kelistrikan

Jika ternyata tegangan baterai masih bagus maka langkah selanjutnya adalah periksa rangkaianya. Periksa rangkaian starter mulai dari kabel yang putus, socket-socket atau pada tombol starter yang kotor. Caranya dengan menggunakan multimeter, periksa apakah arus listrik mengalir atau tidak. Jika ada kabel yang putus sebaiknya diganti yang baru atau jika terpaksa anda bisa menyambungnya kembali, jika tombol starter kotor bersihkan dengan amplas halus.

  1. Relay Starter atau Bendik

Komponen ini merupakan sebuah saklar elektromagnetik yang berfungsi untuk memutus dan menyambungkan arus listrik menuju motor starter (dynamo starter). Pemeriksaan bisa kamu lakukan dengan menghubungkan dua kutub (+) dan (-) yang berada pada badan bendik langsung dengan aki menggunakan kabel. Pastikan terdengar suara mengontak artinya bendik masih bekerja dengan baik. Jika tidak ada reaksi maka kemungkinan besar switch magnetiknya sudah rusak dan perlu diganti yang baru.

  1. Motor Starter (dinamo)

Sebenarnya dynamo starter ini jarang sekali mengalami kerusakan kecuali terbakar atau konsleting. Cara melakukan pemeriksaan adalah dengan menghubungkan langsung kutub (+) dynamo menuju kutub (+) aki dengan kabel yang besar.

Hubungkan kutub (-) dynamo dengan massa atau body motor yang mengandung logam. Jika dynamo masih kondisi baik maka akan langsung berputar ketika arus listrik sudah kamu hubungkan. Kerusakan dynamo biasanya terjadi pada bagian spul (gulungan) yang putus atau juga bisa disebabkan karena kotoran yang mengendap sehingga menjadikan rotor tidak mampu berputar. Baca juga tentang cara mengatasi kampas rem berisik.

Kesimpulannya, untuk dapat menemukan sumber masalah pada electric starter diperlukan ketelitian ketika mengikuti jalur kelistrikan mulai dari sumber arus (aki) saklar starter hingga dynamo. Mengganti dengan kabel kelistrikan yang baru akan lebih baik jika kondisi kabel sudah banyak ditemukan cacat (terluka) bahkan jika sudah banyak mengalami putus dan sambung selama perbaikan.

Post by Dina Septika

Dina Septika