Breaking Post
Home » Fun » Tips » Cara Memperbaiki Remot TV Yang Rusak

Cara Memperbaiki Remot TV Yang Rusak

Cara-Memperbaiki-Remot-TV-Samsung-Toshiba-Sharp-Polytron-Multi-UniversalCara untuk memperbaiki remot TV merek Polytron, Samsung, Sharp, Toshiba multi maupun universal sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda yang artinya semua model remot televisi memiliki kesamaan pada sistem komponen elektronikanya.

Biasanya kerusakan pada perangkat remot terjadi bukan karena adanya komponen elektronik yang sudah mati. Namun lebih sering adalah ke arah kerusakan fisik akibat terjatuh atau terlempar, dsb. Dengan demikian sebelum memutuskan untuk memperbaiki remot TV, ada baiknya mengetahui dulu kondisi fisiknya masih layak atau tidak untuk dilakukan perbaikan.

loading...

Tahap tahap memperbaiki remot TV

Jika sudah dipastikan keadaan body remot masih utuh, maka langkah selanjutnya untuk mencoba melakukan pemeriksaan bisa di mulai dengan tahap tahap sebagai berikut:

Baterai. Hal paling pertama yang harus dipastikan adalah status daya baterai apakah masih tersedia. Periksa dengan menggunakan avo meter dan untuk masing masing baterai harus memiliki tegangan di atas 1 volt. Jika tidak memiliki alat ini maka dapat dicoba pada unit remot lain yang masih dapat berfungsi dengan baik.

Masih berhubungan dengan baterai yaitu konektor, pastikan masih tampak baik tidak ada kotoran atau karat yang menghalangi penghantaran arus listrik baterai menuju komponen remot. Cara membersihkan konector bisa menggunakan kertas gosok atau amplas sampai tampak logam yang bersih.

PCB (Printed Circuit Board). Pada tahap ini akan dijumpai sebuah papan yang terdapat berbagai komponen yang menempel dengan solderan pada satu sisi dan sisi lainnya adalah tempat keypad atau tombol remot tv.

Sebelum memeriksa komponen yang tersolder, periksa lebih dahulu bagian keypad untuk memastikan tidak ada kotoran yang menghalangi tombol karet keypad. Jika remot pernah tersiram air, biasanya bagian ini akan kusam dan akhirnya keypad menjadi tidak merespon dengan baik.

Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan cairan pembersih atau boleh juga memakai spiritus yang di seka dengan tisyu sampai tampak lebih bersih dan kusamnya hilang.

Komponen Elektronik. Apabila kedua tahap diatas belum dapat menyelesaikan permasalahan , barulah mencoba tahap terakhir yaitu memeriksa bagian komponen elektronikanya yang berupa Kristal 455Khz, Led Infared.

Pada beberapa model remot lain terkadang menggunakan kristal dengan 3 kaki, cek soderan pada kakinya mungkin ada yang putus atau retak solderannya atau bila tidak menolong coba ganti baru dengan ukuran yang sama karena sudah rusak.

Led infrared sangat jarang mengalami kerusakan karena hanya berfungsi sebagai pemancar signal frequency yang terhubung dengan sensor penerima pada televisi.

Setelah semua berhasil diperiksa, cara melakukan test remot paling mudah adalah dengan menggunakan radio bergelombang AM/MW. Nyalakan radio dan buka volume agak keras selanjutnya arahkan remot tv dekat dengan radio kemudian tekan masing masing tombol pada remot.

Jika terdapat reaksi pada radio dan mengeluarkan bunyi signal, maka remot bisa dipastikan berfungsi dengan baik. Demikian tips singkat mengenai cara memperbaiki remot TV yang rusak untuk berbagai merek seperti Samsung, Polytron, Sharp, Toshiba, dan lain sebagainya.

Post by Dina Septika

Dina Septika