Breaking Post
Home » Workshop » Memilih Mesin Pompa Air Untuk Sumur Dalam

Memilih Mesin Pompa Air Untuk Sumur Dalam

Pompa-air-terbaik-sumur-bor-dalamMemilih mesin pompa air yang bagus dan untuk sumur bor atau sumur dalam harus mengetahui dengan pasti kedalaman total sumur mulai dari bibir lubang hingga dasarnya. Kemudian juga harus mengetahui batas level air atau kedalaman air yang tersedia dengan cara mengukur kedalaman total dikurangi dengan jarak permukaan air hingga bibir lubang sumur.

Dapat dikategorikan sebagai type sumur dalam apabila memiliki ukuran kedalaman lebih dari 10 meter.

Dipasaran tersedia dua jenis mesin pompa air yang dapat dipasang untuk sumur dalam dengan type unit yang berbeda secara pemasangan dan model mesin pompanya. Dari kedua jenis model mesin pompa ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing menyesuaikan dengan kebutuhan debit air yang hendak diperoleh.

loading...

Pompa Jet Sumur Dalam

Mesin pompa air jenis ini memang kebanyakan dipasang pada jenis sumur dalam baik sumur besar maupun sumur bor namun tetap memiliki batasan spesifikasi daya hisap maksimun untuk kedalaman 50 meter.

Teknik pemasanggannya tidak memiliki perbedaan yang jauh dengan cara memasang pompa air sumur dangkal. Dan yang membuatnya berbeda hanya pada instalasi pipa hisapnya yaitu dengan dua jalur pipa yang mana salah satunya berfungsi sebagai jet atau pendorong air menuju pipa hisap.

Jetpump model ini biasanya memerlukan daya listrik yang relative besar karena menggunakan motor elektrik dengan power yang lebih besar dari pada type pompa sumur dangkal.

Mesin Pompa Air Submersible

Jenis pompa ini sering juga disebut dengan nama pompa air benam adalah pompa yang di operassikan didalam air dan justru akan sangat beresiko rusak jika dinyalakan pada area kering (diluar air) dalam waktu yang lama.

Spesifikasi pompa air submersible tidak memiliki daya hisap namun hanya terdapat daya dorong yang mampu dicapai dengan menyesuaikan power mesin terhadap kebutuhan debit air yang di inginkan oleh pengguna.

Prinsip kerja pompa air submersible sangat jauh berbeda dengan jetpump yang mana jetpump bekerja dengan menghisap air sedangkan type pompa ini adalah mendorong air.

Pompa submersible merupakan type pompa sentrifugal dengan susunan kipas bisa lebih dari satu yang diputar dengan cepat oleh motor listrik didalam cassing sehingga mampu untuk menggerakkan air menuju ke atas permukaan.

Kelebihan menggunakan jenis pompa ini adalah sangat tepat dan paling cocok untuk sumber air dari sumur bor yang mana mesin pompa akan masuk kedalam lubang cassing dan tentu saja akan tampak lebih ringkas. Selain itu juga akan bebas dari suara bising mesin pompa ketika beroperasi dan memiliki system pendinginan yang alami karena selalu terendam air selama sumber air tidak mengalami penyusutan.

Kelebihan lainnya untuk pompa submersible adalah tersedia untuk berbagai kedalaman sumur bahkan ada yang mampu untuk dipasang pada sumur hingga sedalam 200 meter.

Disisi lain tentu ada kekuranganya yaitu biaya yang relative sangat mahal untuk belanja satu unit pompa submersible beserta kelengkapannya termasuk pipa yang harus berkualitas bagus dan biaya aksesoris lainnya. Selain itu pompa jenis ini juga memerlukan system kelistrikan yang lebih rumit untuk mengontrol operasional serta daya listrik yang cukup besar.

Ada dua merek pompa air submersible yang sudah cukup terkenal dipasaran dan paling sering digunakan untuk kebutuhan suplai air bersih industry maupun bangunan gedung yang tinggi seperti hotel, mall maupun apartemen. Grundfos dan Franklin adalah dua merek mesin pompa submersible yang sampai saat ini telah terbukti akan perfomanya yang sudah tidak diragukan lagi.

Sumber: pompair.com

Post by Dina Septika

loading...