Breaking Post
Home » Fun » Tips » Memeriksa kualitas air bersih di rumah anda dengan cara mudah

Memeriksa kualitas air bersih di rumah anda dengan cara mudah

Ingin memastikan kualitas dan kelayakan air bersih untuk konsumsi ataupun kebutuhan rumah tangga sangat penting anda lakukan. Dengan cara yang mudah sebenarnya anda sudah bisa menganalisa apakah air bersih yang anda gunakan sehari hari tersebut memiliki kualitas air yang cukup baik.

Dari sumber air pipa yang disediakan oleh sebuah perusahaan air minum maupun sumber air sumur yang anda miliki sendiri belum tentu akan menjamin kebersihan dan kualitasnya meskipun secara kasat mata air tersebut sangat jernih.

Kualitas-air-layak-minumUntuk memastikan kelayakan air minum secara akurat memang harus dilakukan penelitian dengan membawa sampel untuk di analisa oleh laboratorium sehingga diperoleh secara detail zat apa saja yang ada pada sumber air tersebut.

loading...

Jika anda ingin mencoba melakukan analisa sendiri, meskipun apa yang anda ketahui tidak seakurat hasil uji lab, akan tetapi setidaknya anda bisa mengetahui apakah persediaan air bersih anda sudah benar benar bagus dengan cara sebagai berikut.

Perhatikan tampungan atau bak mandi anda setiap harinya apakah ada endapan yang banyak di dasar air. Kejadian ini akan terlihat jika air sudah tenang tanpa adanya aliran. Meskipun tampak jernih biasanya air yang membawa kotoran, baru akan terlihat setelah kondisi tenang dan mengendap.

Perhatikan perkakas dapur anda mulai dari gelas dan alat alat interior kamar mandi anda seperti kran, shower dan kloset. Jika air anda mengandung kotoran, maka tidak dapat dipungkiri lagi nantinya akan ada bercak bercak kusam pada gelas, kran, bahkan pada keramik dinding kamar mandi anda. Sepintas jika anda cuci memang bisa tampak bersih, namun semuanya akan terlihat jelas setelah mengering.

Meskipun tidak menimbulkan bau, kondisi air yang seperti ini sebenarnya membawa zat yang bersifat menimbulkan korosi. Bahkan semakin lama akan membandel dan sulit untuk dibersihkan jika perkakas anda selalu berhubungan dengan air yang sama. Lebih parahnya lagi untuk air sumur yang menggunakan pompa air, tentu saja akan menjadi penyebab kerusakan mesin pompa air anda cepat terjadi.

Post by Dina Septika

loading...