Breaking Post
Home » Fun » Membuat Sambal Pecel Enak Versi Nasi Pecel Blitar

Membuat Sambal Pecel Enak Versi Nasi Pecel Blitar

Membuat-sambal-pecel-Blitar-Madiun-Ponorogo-KediriCara membuat sambal pecel apapun versinya entah Blitar, Madiun, Kediri ataupun Ponorogo sebenarnya secara basic tetap menggunakan rempah dasar yang sama namun hanya dibedakan oleh bahan pelengkap pada penyajiannya dengan komposisi yang berbeda.

Saat ini popularitas sambal pecel bisa dikatakan sudah bukan makanan kampungan lagi karena telah banyak dijumpai hidangan nasi pecel bertebaran di sajikan oleh warung warung hingga rumah makan mewah baik di pinggiran sampai pusat kota.

Dengan ini maka sudah tidak heran lagi jika sambal pecel menjadi berkembang dengan berbagai variasi yang lebih luas biasanya menyesuaikan dengan kebiasaan konsumsi masyarakat daerah sekitarnya. Lalu bagaimana cara membuat sambal pecel yang enak?

loading...

Bahan dan resep cara membuat sambal pecel

Berikut ini adalah resep serta bahan yang cukup mudah didapatkan untuk membuat sambal pecel yang enak dengan citarasa ala nasi pecel blitar.

Bahan dan Bumbu:

  • 250 gram kacang tanah, goreng, tumbuk halus.
  • 5 buah cabai merah.
  • 5 buah cabai rawit merah.
  • 5 siung bawang putih.
  • 2 ruas jari kencur.
  • 2 irisan kulit jeruk purut.
  • Garam secukupnya.
  • 250 gram gula merah, disisir.
  • 5 buah asam jawa, rendam dalam 3 sdm air hangat.

Cara Membuat :

  1. Pertama goreng terlebih dahulu cabe merah, cabe rawit, kencur, dan irisan kulit jeruk purut jangan sampai gosong karena dapat mempengaruhi aroma sambal pecel menjadi kurang menarik.
  2. Haluskan bumbu yang sudah digoreng dan garam hingga lembut.
  3. Lalu masukkan gula merah untuk di tumbuk hingga rata.
  4. Masukkan kacang tanah yang sudah disangrai. Sebenarnya juga bisa di goreng namun biasanya akan menimbulkan minyak berlebih serta mempengaruhi daya tahan sambal. Tumbuk kacang, dan di aduk sambil tambahkan air asam jawa. Aduk hingga adonan pekat dan tercampur rata.
  5. Sambal pecel versi blitar siap disajikan dengan di tambahkan sayuran daun papaya rebus di tambah dengan toge rebus. Dengan lauk rempeyek, tempe, bisa juga ayam atau ikan lele serta telor dadar maupun telor asin kombinasi sedikit irisan mentimun.

Selamat mencoba dan rasakan nikmatnya sambal pecel enak buatan anda sendiri dan paling tepat kalau disantap sebagai menu hidangan pagi hari.

Post by Dina Septika

loading...