Breaking Post
Home » Health » Melupakan Sarapan Pagi Membuat Orang Cepat Pikun

Melupakan Sarapan Pagi Membuat Orang Cepat Pikun

Penyebab-Pikun-Mudah-LupaTahukah kamu apa penyebab seseorang mengalami pikun alias menurunnya daya ingat, ternyata hal ini merupakan persoalan yang sebenarnya dapat dicegah dan masih bisa diantisipasi sejak dini.

Pikun adalah salah satu bentuk perubahan kinerja otak yang mengalami penurunan fungsi dan disebabkan oleh berkurangnya volume otak itu sendiri. Bukan saja faktor usia yang mempengaruhi timbulnya penyakit yang satu ini, akan tetapi jaman modern sekarang sudah banyak orang pasa usia muda mengalami gejala kepikunan yang tampak lebih ringan.

Salah satu penyebab orang cepat pikun

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh BJN British Journal of Nutrition, salah satu faktor yang dapat menjadikan seseorang lebih cepat mengalami penurunan volume otak adalah kebiasaan meningalkan waktu sarapan pagi.

loading...

Makan di pagi hari setelah masa istirahat malam atau tidur merupakan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh khususnya untuk suplai nutrisi pada otak.

Melewatkan sarapan pagi akan menjadikan tubuh kekurangan zat gula dan membuat otak kekurangan asupan energy yang semestinya akan digunakan untuk mengontrol seluruh aktifitas tubuh. Sehingga karena dengan ketersediaan nutrisi yang kurang mencukupi maka otak melakukan tindakan menyesuaikan kebutuhan dengan mengurangi kapasitas atau volumenya.

Mungkin saja ada anggapan bahwa dengan menunda sarapan dan menambah porsi makan siang akan dapat menggantikan komposisi yang diperlukan oleh tubuh. Namun kenyataannya tidak demikian, justru porsi makan siang yang berlebihan akan membuat metabolisme tubuh menjadi bekerja extra dan berdampak kurang baik seperti ngantuk, malas dan cepat lelah.

Dengan demikian tentunya jika kamu tidak ingin cepat pikun dan menjadi mudah lupa, maka mulailah membiasakan untuk rutin melakukan sarapan di pagi hari sebelum kamu terlambat untuk mengantisipasinya.

Post by Dina Septika

loading...