Breaking Post
Home » Workshop » Masalah umum pompa air dan cara mengatasinya

Masalah umum pompa air dan cara mengatasinya

Memperbaiki-pompa-air-macetPompa air tetap menjadi barang penting dalam rumah tangga meskipun jangkauan layanan air bersih milik pemerintah saat ini telah menjangkau hingga sudut pemukiman terpencil. Semakin pesatnya pertumbuhan penduduk secara otomatis juga mempengaruhi peningkatan kebutuhan supply air bersih untuk konsumsi serta kebutuhan lainnya.

Layanan air bersih yang di kelola sebuah perusahaan yang di distribusikan pada penduduk tidak menutup kemungkinan akan mengalami banyak persoalan seperti saluran pecah yang berakibat air macet hingga berjam jam bahkan berhari-hari. Untuk itu memiliki sumber air cadangan selain simpanan air bersih (tandon air), masyarakat juga harus melakukan antisipasi dengan menggunakan pompa air untuk sumur.

Pemilihan jenis pompa air sangat beragam disesuaikan dengan kebutuhan serta faktor teknis lainnya. Misalkan untuk untuk rumah tangga tentu saja bisa dipilih model yang paling umum dipakai dengan kapasitas debit air yang kecil serta  hemat energy listrik. Menentukan pompa air yang tepat sesuai teknisnya akan memberikan efektifitas yang maksimal dan tentu saja tidak sia sia.

loading...

Kerusakan dan masalah yang paling umum pada pompa air tidak hanya terjadi untuk pompa yang sudah terpakai dalam waktu yang lama. Tidak menutup kemungkinan pompa yang baru dipasang juga mengalami kendala secara teknis jika anda tidak paham cara pemasangan serta perawatan yang benar. Berikut ini adalah beberapa jenis masalah yang sering timbul pada pompa air dan cara mengatasinya.

Mesin menyala air tidak keluar

Kejadian pompa air yang menyala tapi air tidak dapat mengalir adalah kesalahan secara teknis yang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pemeriksaan bisa anda lakukan tahap demi tahap dengan urutan yang benar agar tidak terjadi penanganan yang salah.

Pemeriksaan pertama bisa anda mulai dari melihat tanki waterpump apakah terisi air atau kondisi kosong. Jika waterpump kosong, maka bisa anda lakukan pengisian (pancingan) sampai penuh untuk membuat ruang hisap menjadi vakum. Ketika melakukan pengisian ini boleh dengan posisi mesin menyala ataupun mati.  Tunggu beberapa saat untuk memastikan apakah air akan keluar.

Jika air tetap tidak keluar, pastikan sekali lagi apakah kondisi waterpump menjadi kosong ataukah hanya perlu menambahkan sedikit untuk mencapai penuh. Jika ternyata kosong, artinya ada kebocoran pada saluran pipa hisapnya dan harus dilakukan pemereriksaan menyeluruh terhadap rangkaian pipa hisap sampai bagian klep paling bawah. Untuk mengetahui dan membaca lebih lengkap tentang segala bentuk permasalahan serta penanganan teknis yang tepat pada mesin pompa air dan instalasinya bisa anda kunjungi situs pompair.com sebagai sumber referensinya.

Mesin menyala normal air mengalir sangat kecil

Masalah teknis seperti ini juga tidak bisa dianggap ringan atau sepele. Kenapa air hanya mengalir kecil meskipun mesin menyala normal dapat di picu oleh banyak faktor juga di antaranya adalah:

Pastikan umur mesin pompa air. Jika sudah terpakai dalam waktu lama (bertahun-tahun), ada kemungkinan masalah disebabkan oleh motor pompa yang sudah lemah sehingga putaran mesin kurang maksimal. Jika putaran mesin masih normal, periksa bagian dalam dengan mengintip celah-celah kumparan apakah ada kerak yang menumpuk sehingga mengganggu kinerja mesin.

Pompa baru tapi air tetap kecil. Untuk kondisi seperti ini harus dipastikan apakah type pompa yang dipasang sudah sesuai dengan spesifikasi teknik nya. Misalkan untuk sumur kedalaman 12 meter dan pompa yang dipasang adalah dengan kekuatan hisap 9 meter. Maka kinerja mesin akan berat sehingga daya hisap lemah maka debit air yang dihasilkan juga akan kecil.

Mesin menyala sangat lambat dan sendat-sendat

Untuk kondisi seperti ini mesin pompa bisa menyala namun dengan putaran yang tidak normal. Biasanya juga agak tersendat sendat. Pemeriksaan bisa anda mulai dari melihat putaran kipas motor apakah ada sesuatu yang tersangkut disana. Bisa anda coba memutar kipas searah jarum jam dengan bantuan obeng. Jika terasa berat ada kemungkinan dynamo motor sudah soak dan gejala terbakar.

Jika putaran kipas normal dan ringan saat diputar dengan obeng namun nyala mesin tetap lambat, hal ini ada hubungannya dengan sumber listrik yang menyuply motor. Periksa tegangan normal yang di miliki sumber listrik dengan menggunakan volt meter. Tegangan normal pada umumnya adalah kisaran 200-225 volt. Dengan tegangan tersebut motor masih mampu untuk berputar normal. Namun jika berada jauh dibawah tegangan normal sudah bisa dipastikan motor akan berbunyi lambat dan tersendat sendat.

Mesin tidak menyala sama sekali

Secara teknis, jika mesin pompa tidak bisa menyala meskipun sumber listrik sudah dihungkan dengan benar, maka bisa anda lakukan pemeriksaan mulai dari mencoba melakukan bantuan memutar motor pompa yaitu melalui bagian kipas. Putar dengan bantuan obeng searah jarum jam. Jika motor tidak bergerak artinya dynamo sudah rusak.

Body pompa panas mesin tidak menyala juga merupakan tanda adanya kerusakan pada bagian dynamo dan perlu dilakukan penyepulan ulang. Pemeriksaan lainnya adalah dengan mencoba menganti komponen kapasitor. Kerusakan kapasitor juga mengakibatkan motor (mesin pompa) tidak akan menyala.

Post by Dina Septika

loading...