Breaking Post
Home » Architect » Mengatasi air sumur keruh karena sudah lama tidak dipakai

Mengatasi air sumur keruh karena sudah lama tidak dipakai

Membersihkan-Air-Sumur-Keruh

Persoalan yang paling sering dihadapi oleh kebanyakan orang ketika memiliki sumur yang sudah lama tidak digunakan dan kemudian akan dipakai kembali adalah ketika mereka sudah memasang mesin pompa air tanpa memperhatikan kondisi sumur itu terlebih dahulu.

loading...

Mendapati air sumur yang keruh karena lama tidak dipakai sebaiknya jangan langsung dipasang mesin pompa air karena akan dapat timbul berbagai persoalan dikemudian hari yang justru akan sangat merepotkan.

Yang sangat perlu untuk diperhatikan adalah ketika akan memasang mesin pompa air khususnya pada sebuah sumur yang sudah lama tidak dipakai. Biasanya kondisi sumur yang dalam waktu lama mengendap karena tidak ada aktifitas, maka kualitas airnya juga tidak akan bisa bagus atau jernih.

Jika dalam waktu lama tidak dilakukan penyedotan, biasanya sumber mata air akan tertutup oleh endapan lumpur yang bisa saja sudah mengeras. Maka dari itu banyak persoalan yang terjadi jika langsung memasang pipa hisap pompa tanpa mengurasnya terlebih dahulu. Karena ada kemungkinan pompa akan kehabisan sumber air atau bahkan tidak dapat menyedot air sama sekali.

Sumur kehabisan sumber mata air

Tanda tanda sumur yang kehabisan sumber air adalah ketika pompa dihidupkan maka akan keluar air beberapa saat saja. Selanjutnya akan kosong dan tentu saja membuat anda panik berfikir bahwa pompa mengalami masalah.

Untuk memastikan apakah ini benar disebabkan oleh sumber air, maka diamkan pompa untuk beberapa saat untuk menunggu kapasitas stok air kemudian hidupkan pompa lagi.

Air sumur keruh dan berbau

Jika mendapati air yang dikeluarkan oleh pompa tampak keruh dan menimbulkan bau, bisa jadi adalah karena endapan lumpur masih belum terlalu banyak dan ketika pipa hisap masuk maka menjadikan air sangat keruh.

Selama mesin pompa air mampu menghisap, maka biarkan melakukan pengurasan sampai anda dapati air menjadi jernih dan bau nya akan semakin menghilang.

Sumur sudah penuh dengan lumpur

Tanda bahwa sumur lama anda sudah penuh dengan kotoran endapan lumpur adalah ketika mesin pompa dipasang maka akan sulit untuk menyedot air. Biasanya harus sedikit di guncangkan bagian pipa hisapnya agar dapat membantu memecah endapan lumpur.

Kesimpulannya, kondisi baik sumur bor ataupun sumur besar jika memang lama tidak digunakan maka sebaiknya dilakukan pengurasan dulu sebelum dipasang sebuah mesin pompa. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh tukang sumur yang mana mereka akan paham bagaimana cara penanganannya dan tentu saja memiliki peralatannya.

 

Post by Dina Septika

Dina Septika