Breaking Post
Home » Health » Baby » Manfaat dan Pentingnya Pemberian Asi Untuk Bayi

Manfaat dan Pentingnya Pemberian Asi Untuk Bayi

baby-asi

img by: http://artofbeingamom.com/

Selain mengetahui manfaat penting asi untuk bayi ketika usia sikecil memasuki usia 6 bulan lebih, sebaiknya di sertakan dengan memulai memperkenalkan juga perlunya MP-ASI ( Makanan Penunjang ASI ). Perlu diketahui bahwa pada usia 6 bulan ini otak perlu di berikan suply nutrisi  yang sangat di butuhkan sebagai modal tumbuh kembangnya nanti. Masih banyak kejadian di sekitar kita bahwasannya tidak semua ibu mengerti atau memahami tentang bagaimana tatacara pemberian juga penanganan MPASI. Mengingat hal ini adalah masa keemasan pertumbuhan untuk Bayi sampai dengan BALITA ( Bayi Usia Lima Tahun ).

Dalam artikel ini akan kami tulis tentang panduan cerdas untuk ibu yang ingin bayi-nya mendapatkan suplai Makanan Penunjang tepat di awal pertumbuhannya. Lihat juga: Memilih makanan pendamping asi untuk kesehatan bayi

Makanan bayi yang paling utama adalah ASI. Semua gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi telah terkandung didalamnya, khususnya bagi bayi dengan usia di bawah 6 bulan.

Kandungan yang kaya akan nutrisi dan gizi ini tidak dapat tergantikan oleh susu formula, meskipun harganya paling mahal sekalipun. Itulah anugerah yang diberikan oleh Tuhan. Pemberian ASI ekslusif diberikan kepada bayi hingga bayi mencapai usia 6 bulan, artinya selama 6 bulan bayi tidak perlu memerlukan tambahan pendamping untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

ASI adalah karunia Tuhan yang sangat berharga karena di dalam ASI mengandung berbagai zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh bayi dan mengandung zat kekebalan terhadap infeksi diantaranya immunoglobulin ( Ig ), lactoferin, dan zat antibodi.

ASI juga merupakan makanan bernutrisi dan berenergi tinggi, yang mudah untuk dicerna. ASI memiliki kandumgan yang dapat membantu menyerapan nutrisi. Pada bulan-bulan awal, saat bayi dalam kondisi yang paling rentan, ASI ekslusif membantu melindunginya bayi dari diare, sudden infant death syndrome/SISD – sindrom kematian tiba–tiba pada bayi, infeksi telinga dan penyakit infeksi lain yang biasa terjadi. Selanjutnya : Pemberian asi eksklusif untuk bayi

 

Post by Rika Aristiani

Rika Aristiani