Breaking Post
Home » OTOMOTIF » Legenda Sang Juara GP500 Dengan Motor Uniknya

Legenda Sang Juara GP500 Dengan Motor Uniknya

Masih ingat jamannya GP500 motor 2 tak prototype yang pernah turun sebagai tunggangan pada ajang balap roda dua kelas dunia sebelum era Moto GP.

Kala itu nama Mick Doohan adalah rajanya GP500 yang pernah menjadi juara dunia 5 kali dengan kuda besinya Honda NSR 500 V4.

Pebalap kelahiran Australia, 4 Juni 1965 ini sempat terjun di World Superbike pada akhir 1980an. 1988, ia memenangkan balapan yang digelar Oran Park, Sydney. Serta memenangkan dua musim secara berturut-turut di Jepang. Sepanjang sejarah, Mick Doohan merupakan salah satu pembalap yang mampu memenangkan kejuaraan Superbike dan MotoGP.

loading...

Motor Honda NSR500 Mick DoohanPada tahun 1989, Mick Doohan pindah haluan ke kejuaraan balap prototype, MotoGP. Saat itu Doohan langsung terjun di kelas 500cc bergabung dengan tim Rothmans Honda. Tak butuh waktu lama bagi Doohan untuk memenangkan seri di MotoGP.

Pada tahun 1990, ketika MotoGP menginjak seri ke-14 yang digelar di Hungaria, dirinya keluar sebagai juara seri tersebut. Dan mengklaim juara ke-3 MotoGP 500cc di akhir musim.

Prestasi Doohan semakin mentereng di tahun 1990 dengan menjadi juara ketiga, juara kedua di tahun 1991, juara kedua di tahun 1992, juara keempat di tahun 1993.

Sangat disayangkan, pada tahun 1992, nasib nahas menimpa Doohan. Ia mengalami kecelakaan hebat saat sesi latihan di Sirkuit Assen, Belanda yang mengakibatkan dirinya harus absen 4 seri.

Dia menderita kerusakan permanen dan serius pada kaki kanannya akibat komplikasi medis dan beresiko amputasi kaki. Pada saat itu, Doohan memimpin kejuaraan dengan 65 poin, namun tidak bisa membalap selama delapan minggu setelah kecelakaan.

Setelah proses pemulihan, Doohan kembali mengaspal untuk dua balapan terakhir namun tidak bisa mencegah pesaing utamanya Wayne Rainey memenangkan kejuaraan dan mengklaim gelar ketiga berturut-turut nya (selisih 4 poin dari Doohan). Ada yang aneh pada motor Mick Doohan apa ya?

Meskipun memiliki kapasitas silinder 500 cc, power yang dihasilkan oleh mesin 2 tak ini juga tidak terlalu selisih jauh dengan motor era MOTOGP yang memiliki cc besar namun dengan type 4 tak.
Sumber: http://www.mpm-motor.co.id/mick-doohan-legenda-pebalap-jagoan-honda/

Post by Dina Septika

loading...