Breaking Post
Home » Workshop » Instalasi Pipa Air Bersih Yang Benar Untuk Rumah Tangga

Instalasi Pipa Air Bersih Yang Benar Untuk Rumah Tangga

Memasang-Pipa-Air-BersihPemasangan instalasi plumbing dan pipa air bersih untuk rumah tangga harus direncanakan dengan benar dan tepat karena merupakan bagian yang cukup vital sehingga harus di upayakan seminimal mungkin agar tidak terjadi perbaikan dikemudian hari setelah bangunan rumah di huni.

Tahap perencanaan yang benar untuk membuat jalur instalasi pipa air sebaiknya tetap dengan memperhatikan teori teknis pemipaan agar proses distribusi air berjalan lancar dan aman dari segala resiko kebocoran ataupun macet yang tentunya akan sangat tidak efisien hasilnya.

loading...

Berikut ini adalah beberapa hal yang sangat  penting dalam pemasangan instalasi pipa air bersih.

Sumber Air. Pada bagian ini adalah memahami dari mana air bersih untuk keperluan rumah anda nantinya akan di suplai. Pada umumnya ketersediaan sumber air yang layak untuk kebutuhan rumah adalah jaringan pipa PAM dan air tanah.

Setelah anda menentukan jenis sumber air yang sesuai, maka pemasangan pipa air dapat anda rencanakan lebih matang sebagai contoh adalah: jika menggunkan sumber air PAM, tentunya anda akan diberikan jalur distribusi dari pipa yang sudah di sediakan oleh pengelola PAM dan anda di larang untuk memodifikasi ukuran pipa ataupun merubah nya sendiri.

Penggunaan air tanah dalam pengertian membuat sumur sendiri dan memasang pompa air, akan memudahkan anda memanajemen keperluan air anda selama sumber air tersebut selalu tersedia dan tidak mengalami kekeringan.

Metode Pemasangan Pipa Air Bersih

Model Instalasi. Ada dua jenis model instalasi pipa air bersih yang bisa anda aplikasikan dengan menyesuaikan kondisi lapangan serta ketersediaan dana anggaran.

  • System Tertutup. Instalasi pipa model ini disebut juga dengan istilah sambungan melingkar artinya seluruh ujung pipa tersambung tanpa memutus. Kelebihannnya adalah menjadikan tekanan air lebih kuat dan ketika ada kran air yang di buka secara bersamaan maka akan mendapatkan debit air yang sama.
  • System Terbuka. Dengan biaya lebih murah, instalasi pipa air jenis ini jika salah dalam perencanaannya maka akan timbul banyak masalah di kemudian hari seperti debit air yang tidak sama antara kran satu dengan lainnya, dan jika terjadi kerusakan pada titik tertentupun akan membuat sebagian jalur distribusi mati total tanpa mendapat suplai air.
  • Untuk melihat gambar dan keterangan lebih detail mengenai system model instalasi yang tentunya akan mempengaruhi kualitas debit dan tekana air silakan simak lebih lengkap di http://pompair.com/solusi-air-kran-mengalir-kecil/ sebagai sumber referensinya.

Letak Instalasi. Menurut prosedur teknis pemasangan instalasi saluran air bersih ada dua metode yang bisa di pilih yaitu instalasi tertanam dan menempel. Untuk yang tertanam tentunya akan tampak lebih rapi karena berada di dalam tanah atau dinding namun juga tetap menyulitkan jika nantinya ada perbaikan atau perawatan.

Bahan Material. Saat sekarang ini pemilihan material bahan instalasi saluran air sudah sangat beragam mulai dari yang berbahan logam (besi), PVC dan yang paling mahal adalah berbahan stainless steel yang terbilang sangat aman dari korosi.

Sebagai kesimpulannya, jika pemasangan instalasi pipa suplai maupun distribusi dapat direncanakan dengan baik jauh sebelum proyek berjalan, tentunya akan dapat meminimalisir segala bentuk kesalahan yang mana jika terjadi revisi atau perbaikan ketika bangunan utama sudah finish, tentu saja akan lebih menyulitkan selain besarnya biaya perbaikan.

Post by Dina Septika

Dina Septika