Breaking Post
Home » Fun » Motivasi » Jika ingin anak menjadi orang sukses, jangan melakukan kesalahan ini

Jika ingin anak menjadi orang sukses, jangan melakukan kesalahan ini

Cara-membimbing-anakBarang kali diantara kita ada yang mengalami ketika si buah hati tampak tertinggal dan kalah dengan anak anak lainnya. Sudah wajar jika sebagai orang tua mengharapkan agar si kecil menjadi yang terbaik di antara mereka.

Di dunia manapun setiap orang tua menginginkan generasi mereka kelak dapat menjadi orang sukses dengan hidp yang berkecukupan, berperilaku baik dan tentunya dapat membawa nama baik orang tuanya. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada beberpa orang tua yang ternyata tidak pernah peduli sama sekali dengan anak keturunan mereka.

loading...

Hal hal yang paling sering terjadi dan kurang disadarai oleh orang tua dalam memperhatikan anak adalah bahwa setiap anak memang tidak akan pernah sama dari karakter dan kepribadiannya. Sehingga dapat berakibat kesalahan ketika orang tua berusaha memaksakan kehendak tanpa mempertimbangkan kemampuan dari sang buah hati.

Jiwa seorang anak yang pada dasarnya ingin bebas dalam bereksplorasi, berpendapat serta menentukan pemikirannya sendiri adalah cara terbaik untuk membuat dia memperoleh pengalaman yang lebih bisa terserap dengan baik pada masa tumbuh kembangnya.

Lalu apa yang perlu diperhatikan oleh orang tua agar jangan sampai melakukan kesalahan dalam membimbing sang anak:

  • Jangan pernah memberikan hukuman yang tiada ampun ketika si kecil mengalami kegagalan atau kesalahan.
  • Menerapkan sikap disiplin yang berlebihan juga bukan pendidikan yang sempurna buat si kecil.
  • Tidak akan memberikan hasil yang baik jika orang tua selalu membuat target yang harus di capai oleh seorang anak. Biarkan mereka melakukan dan berusaha sesuai dengan kemampuan yang sudah dimiliki.
  • Melihat prestasi anak hanya dari nilai ranking di sekolah bukanlah sikap yang tepat sebagai orang tua yang ingin anaknya menjadi lebih baik.
  • Mengurangi waktu bermain seorang anak justru akan membuat mereka memiliki rasa malas dan kehilangan semangat.
  • Jangan pernah membandingkan dengan anak anak yang lainnya apalagi dengan sodara sekandungnya karena akan memicu timbulnya rasa benci bahkan lebih fatal lagi akan merusak mentalnya.

Sebagai orang tua yang ingin melihat pertumbuhan sang buah hati berjalan dengan alami namun mampu menjadi pribadi yang berkualitas hendaklah dengan cara cara bijaksana dan berusaha menghindari sikap yang tampak lebih mengarah pada ke egoisan orang tua semata.

Post by Dina Septika