Breaking Post
Home » Workshop » Cara memperbaiki pompa air tidak bisa menghisap

Cara memperbaiki pompa air tidak bisa menghisap

Servis-pompa-airMengatasi masalah ketika pompa air anda tidak bisa menghisap adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap beberapa bagian yang biasanya menjadi pemicu utama penyebab pompa air tidak mampu menyedot.

Untuk jenis pompa air seperti jet pump shimizu, sanyo, dan beberapa type pompa air di permukaan lainnya, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memastikan apakah putaran mesin masih bekerja dengan normal. Artinya tidak ada tanda tanda putaran mesin melemah atapun berat.

Kedua adalah dengan mencoba membuka tutup water pump untuk melihat apakah terdapat air didalamnya. Jika kosong cobalah untuk mengisinya terlebih dahulu kemudian menyalakannya kembali.

loading...

Jika air justru menghilang atau kosong, ada kemungkinan terdapat kebocoran pada bagian pipa hisap yang menuju ke lubang sumur atau kerusakan pada klep bagian ujung bawah. Kemungkinan lain adalah air sumur yang tidak cukup terjangkau oleh pipa hisapnya.

Membongkar seluruh rangkaian pipa hisap untuk memastikan tidak ada kebocoran dan klep masih dalam keadaan baik adalah cara yang paling tepat.

Sebelum memasang kembali, posisikan ukuran pipa yang terbenam kedalam air dalam jarak yang aman dari ketersediaan sumber air serta jarak amaan klep dari dasar sumur agar tidak menyentuh lumpur atau pasir.

Jika semua sudah anda lakukan dengan benar dan kondisi motor pompa masih normal, maka seharusnya mesin pompa air dapat menghisap dengan baik. Adapun persoalan yang paling fatal meskipun semua tampak baik baik saja namun masih belum mampu menghisap, membuka bagian impeller adalah langkah terakhir untuk memeriksanya.

Post by Dina Septika

loading...