Breaking Post
Home » Workshop » Cara Membuat Trafo Step Up

Cara Membuat Trafo Step Up

Cara-membuat-trafo-step-upCara Membuat Trafo Step Up sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang jauh dengan cara membuat trafo step-down, karena semua alat atau komponen yang diperlukan adalah sama persis dari segi definisi – jenis maupun fungsi dasarnya. Hanya saja perbedaan antara keduanya yang paling utama ada pada jumlah lilitan primer dan lilitan sekunder yang dimiliki, dimana jenis trafo step up memiliki jumlah lilitan primer yang lebih sedikit dari pada lilitan sekunder begitu berlaku sebaliknya untuk jenis trafo step down.

Komponen yang dibutuhkan untuk membuat trafo terdiri dari tiga komponen pokok yaitu:
1.Kern (inti besi)
2.Kawat tembaga (kawat email).
3.Koker (tempat melilit kawat).

loading...

Teknik dasar membuat Trafo.
1.Menentukan besar Trafo / daya Trafo yang akan dibuat.
Setelah menetapkan ukuran (daya) Trafo yang akan dibuat,  kita bisa menentukan ukuran inti yang dibutuhkan,
2.Menentukan Tegangan Primer (masuk)  dan tegangan skunder (keluar).
sebagai pedoman untuk menentukan diameter kawat yg akan kita gunakan.

Contoh Membuat Trafo 250 VA. (input :220v, output: 24v ct. 24v,  STEP DOWN ) (Dan berlaku sebaliknya jika ingin membuat trafo step up).
Seperti yang telah di jelaskan diatas, kita tidak perlu pusing menghitung angka-angka matematika, tetapi kita mulai dari cara yang sudah pernah dicoba dan teruji sudah berhasil.

  • Ukuran inti untuk Trafo 250W kita menggunakan Kern dengan ukuran lebar inti 3,2cm, tebal susunan kern akan didapat 5cm. (hitungan  tersebut berasal dari: akar 250 = 15,81.  karena menggunakan kern  ukuran 3,2 cm sehingga didapat 1 5,81 / 3,2  =  4,9.  dibulatkan keatas menjadi  5cm. ).
    Jumlah lilitan kawat email, untuk Trafo 250w adalah 3 lilitan  / volt, sehingga untuk tegangan primer (220V) didapat 660 lilit.
  • Diameter kawat primer antara  0,4 – 0,45 mm . namun sebagai tahap awal di sarankan gunakan dulu ukuran kawat primer 0,40mm, dengan pertimbangan anda belum mahir menyusun gulungan kawat dengan rapih. untuk tegangan skundernya (24v ct 24v) kita gunakan kawat email dengan diameter 0,85mm,
    Jumlah lilitan skunder ( untuk tegangan 24V  ct  24V ) hitungannya tentu
    ( 24 +24  = 48V .   48  lilit X 3 lilit =144 Lilit  ).

Jenis Trafo Step Up adalah sebuah komponen atau alat elektrikal yang berfungsi sebagai unit untuk menaikkan tegangan. Contoh sederhana membuat alat dengan menggunakan jenis trafo step up yang paling banyak dijumpai di antaranya adalah seperti alat yang umum digunakan untuk menyetrum ikan, raket nyamuk, bahkan hingga senjata keamanan untuk pertahanan diri semacam alat kejut listrik. Sedangkan contoh rangkain elektronika lainnya yang juga menggunakan jenis trafo step-up adalah inverter pada mobil untuk menaikkan tegangan yang dimiliki aki, sehingga diperoleh tegangan tinggi agar mampu menyuplai arus listrik peralatan audio maupun perangkat variasi lainnya yang sudah di modifikasi menjadi lebih besar.

Berikut ini contoh sederhana tentang rangkaian elektronika atau perkakas yang pada dasarnya dirakit dengan menggunakan jenis trafo step-up. Baca juga: Informasi Harga Mesin Trafo Las Listrik

Merakit inverter step up 12v DC ke 220v AC sederhana

  • Komponen yang diperlukan :
  • Trafo 12 Volt CT (antara 500 mA – 2 A).
  • 1 buah accu (aki mobil) lebih besar ampernya lebih baik.
  • Transistor 2N 3055 (2 buah + pendingin)
  • 2 buah resistor 1k ohm

Merakit-trafo-step-up-inverterContoh model skema rangkaian di atas akan mampu menghasilkan daya antara 100 hingga 200 watt saja dari outputnya. Daya sebesar ini telah mumpuni atau sudah bisa dipergunakan untuk menyalakan lampu hemat energi, menyalakan TV (model LCD lebih hemat) juga menanak nasi. Perangkat ini tentunya bisa sangat bermanfaat pada saat listrik PLN sering mengalami pemadaman khususnya di daerah yang langka akan sumber listrik. Rangkaian inverter sederhana ini bekerja selayaknya sebuah power bank untuk handphone dan gadget atau seperti UPS pada perangkat PC pada umumnya dengan kemampuan tergantung dari kapasitas Ampere aki yang dipakai sebagai sumber daya utama nya. Baca juga: Trafo Las Listrik

Post by Dina Septika