Breaking Post
Home » Health » Beauty » Mengetahui Apa Penyebab Rambut Rontok Dan Pencegahannya

Mengetahui Apa Penyebab Rambut Rontok Dan Pencegahannya

Penyebab-rambut-rontokApa yang menyebabkan rambut rontok dan bagaimana penanganannya? Di dalam siklus pertumbuhan rambut yang normal, seseorang bisa kehilangan antara 50 sampai 80 helai rambut untuk setiap harinya. Kejadian seperti ini sebenarnya adalah normal dan tidak ada yang perlu di khawatirkan. Sedangkan jika melebihi dari 80 helai rambut setiap hari menandakan bahwa telah terjadi kerontokan tolegen atau fase istirahat rambut.

Menurut penelitian, untuk setiap helai rambut dikepala memiliki fase tumbuh di sebut juga fase anagen 2 hingga 6 tahun. Selama masa tersebut rambut juga memiliki masa istirahat atau fase tolegen serta fase rambut rontok.

Kondisi rambut yang memasuki fase istirahat juga akan mengalami rontok setelah 2 atau 3 bulan yang kemudian akan tumbuh rambut baru. Kerontokan tolegen adalah masalah yang paling sering menjadi keluhan seseorang. Kerontokan jenis ini biasa ditandai dengan penipisan rambut secara keseluruhan dan bukan kebotakan. Sedangkan penyebabnya cukup beragam baik internal maupun eksternal.

loading...

Perubahan hormonal seperti pada saat kehamilan atau penggunaan obat obatan tertentu ketika anemia, deman ataupun typus juga menjadi penyebab terjadinya masalah kerontokan rambut.

Faktor lain yang turut mempengaruhi kerontokan rambut adalah gaya hidup, lingkungan serta penggunaan alat alat styling rambut. Beberapa tanda yang menjadi gejala kerontokan rambut diantaranya adalah rambut mudah patah pada saat di sisir dan terlepas ketika keramas.

Penyebab utama rambut rontok adalah kerapuhan yang disebabkan oleh faktor mekanik seperti pengelupasan dan kerusakan kutikula karena menyisir dan saat menata rambut. Faktor kimia penyebab kerontokan rambut meliputi pewarnaan, proses keriting, pelurusan, bleaching, menyisir rambut di saat masih basah dan menjepit atau mengikat rambut terlalu kencang.

Faktor lingkungan yang dapat menyebabkan kerontokan rambut adalah panasnya matahari, polusi udara yang buruk, juga dapat disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan.

Sebenarnya setiap orang memiliki rambut yang bercahaya karena pada akar rambut telah ada jaringan lemak yang berguna untuk melembabkan helai rambut secara alami. Jika dalam kondisi normal dan sehat, rambut tidak memerlukan perawatan yang bermacam macam karena secara alami telah memiliki lemak yang cukup membantu menjaga keindahan rambut.

Untuk menjaga kesehatan rambut secara alami, sebaiknya menghindari hal hal yang dapat mengakibatkan rusaknya atau hilangnya lemak pada kulit kepala seperti perlakuan yang kurang baik pada rambut itu sendiri. Pengunaan obat, pewarna, dan peralatan modern secara berlebihan justru dapat merusak dan menjadikan rambut kering yang akhirnya menjadi tidak sehat.

Post by Dina Septika

loading...